Laporan dari London

Dubes Esti lantik Konsul Kehormatan RI di Florence, Italia

Dubes Esti lantik Konsul Kehormatan RI di Florence, Italia

Duta Besar Indonesia untuk Italia Esti Andayani (kiri) dan Jacopo Cappuccio, yang baru dilantik sebagai Konsul Kehormatan (Konhor) RI di Florence, Italia. (KBRI/h-fdh/30/1/2020)

Penunjukan Konhor RI Florence dapat mempererat kerja sama ekonomi dan sosial budaya antara Indonesia and Italia, khususnya dengan Tuscany dan wilayah Emilia Romagna
London (ANTARA) -  

Duta Besar Indonesia untuk Italia Esti Andayani melantik Jacopo Cappuccio sebagai Konsul Kehormatan (Konhor) RI di Florence, dan meresmikan Kantor Konhor RI di Florence dengan disaksikan oleh wakil dari kantor walikota Florence, jajaran pejabat dan staf KBRI Roma serta beberapa WNI di Florence, Senin (27/1)

Pensosbud KBRI Roma, Veronika Vonny kepada Antara London, Selasa mengatakan Florence, yang terkenal dengan industri kulitnya, adalah kota yang kaya akan budaya, seni dan arsitektur serta monumen renaissance, .

Dubes Esti Andayani dalam sambutannya menyampaikan harapan agar penunjukan Konhor RI Florence dapat mempererat kerja sama ekonomi dan sosial budaya antara Indonesia dan Italia, khususnya dengan Tuscany dan wilayah Emilia Romagna.

Dikatakannya, Indonesia dapat belajar banyak dan bertukar pengalaman mengenai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bidang kerajinan kulit, serta melakukan alih teknologi antar pelaku usaha kedua negara. Keberadaan Konhor RI di Florence juga diharapkan dapat mendukung kerja sama bidang perlindungan WNI.

Dubes mengapresiasi upaya peningkatan kerja sama sosial budaya yang selama ini dilakukan Jacopo Cappuccio, melalui pelaksanaan Indonesian Film Festival di Italia yang sudah berlangsung sejak tahun 2014.

Jacopo Cappuccio dalam kesempatan ini menegaskan komitmennya untuk mendorong peningkatan hubungan antar pengusaha dan antar rakyat  kedua negara.

“Saya sangat antusias dan siap membantu KBRI Roma mencapai target pertumbuhan perdagangan bilateral Indonesia dengan Italia, dengan menggali potensi kerja sama di bidang pertanian dan UMKM,” ujarnya.

Konhor RI di Florence dan KBRI Roma berencana untuk menyelenggarakan pertemuan bisnis dengan mengundang para pelaku ekonomi setempat dalam waktu dekat, sebagai tindak lanjut dari rencana kerja kedua institusi.

Jacopo Cappuccio diangkat sebagai Konsul Kehormatan RI untuk Tuscany dan Emilia Romagna melalui Keputusan Presiden RI No. 48/M Tahun 2019 tentang Pengangkatan Konsul Kehormatan Republik Indonesia di beberapa Negara Sahabat pada akhir Tahun 2019.

Tugas Konhor RI diantaranya meningkatkan promosi kerja sama ekonomi dan investasi, penguatan kerja sama sosial budaya, serta perlindungan WNI dan BHI yang berada di wilayah Tuscany dan wilayah Emilia Romagna. Konsul Kehormatan RI di Florence berkantor di Via Pier Capponi No. 17, Florence, Italia.

Baca juga: KBRI Roma gelar Pekan Indonesia perkuat Kerja Sama di Tuscany

Baca juga: Masyarakat Italia antusias saksikan film Indonesia di Roma


Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wapres ungkap orang Italia produksi film tentang Islam di Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar