Potensi karhutla di wilayah pesisir Timur Sumatera tersebut tidak terkait dan tidak terpengaruh oleh kebakaran hutan di Australia,
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengingatkan kewaspadaan potensi terjadinya banjir pada Februari-Maret 2020 di sejumlah wilayah.

Rita dalam jumpa pers di kantornya Jakarta, Kamis, mengatakan sejumlah daerah berpotensi mengalami hujan di antaranya Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Selain itu, tambah dia daerah lain juga berpotensi yaitu DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Baca juga: Cuaca Kamis siang ini, berawan hingga hujan ringan warnai Jakarta

Sementara dalam waktu dekat hujan juga akan terjadi dengan intensitas tinggi pada kurun 31 Januari-5 Februari 2020cdi Sumatera bagian Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kemudian daerah lainnya Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Baca juga: Komisi V minta BMKG tingkatkan sistem peringatan dini

Rita mengemukakan meskipun sejumlah wilayah mengalami hujan tetapi terdapat daerah yang kini mulai mengalami kekeringan.

Hingga 30 Januari di Riau, kata dia kini terpantau 117 titik api/hotspot yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan.

"Potensi karhutla di wilayah pesisir Timur Sumatera tersebut tidak terkait dan tidak terpengaruh oleh kebakaran hutan di Australia," ujar dia.

Baca juga: BMKG: Waspadai potensi hujan lebat hingga awal Februari

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2020