Virus corona kacaukan kalender event olahraga di China

Virus corona kacaukan kalender event olahraga di China

Petugas medis di salah satu rumah sakit di Wuhan, China, memeriksa data medik seorang pasien 2019-nCoV. (ANTARA/HO-GT/mii)

Jakarta (ANTARA) - China menangguhkan semua event sepak bola di negara tersebut, Kamis, beberapa jam setelah Kejuaraan Dunia Atletik Indoor dan Piala Dunia ski ditunda, menambah daftar panjang event olahraga yang terdampak wabah virus corona.

Negara berpenduduk paling banyak itu terus meningkatkan diri sebagai tuan rumah event olahraga internasional pada beberapa tahun terakhir namun kalender olahraganya pada 2020 menjadi kacau balau.

Berikut ini, AFP Sport mendaftar event-event yang sudah terdampak dan yang berpotensi terancam:

Dibatalkan atau dipindah

-- Sepak bola: China pada Kamis ini menangguhkan semua sepak bola domestik dan menunda tanpa batas musim Super Liga China yang semula akan dimulai pada 22 Februari untuk "melaksanakan pencegahan dan mengendalikan wabah pneumonia," kata Asosiasi Sepak Bola China.

-- Atletik: Kejuaraan Dunia Indoor, dijadwalkan di Nanjing pada 13-15 Maret, ditunda setahun. "Dengan menyesal kami telah menyetujui bersama penyelenggara ... untuk menunda event tersebut hingga Maret 2021," kata pernyataan induk organisasi olahraga tersebut, Rabu.

-- Sepak bola: Konfederasi Sepak Bola Asia pada Rabu mengumumkan bahwa pertandingan kandang babak grup Liga Champions yang diikuti empat klub China akan dipindah ke laga tandang pada tiga hari pertama pertandingan pada Februari dan Maret. Keputusan untuk venue bagi tiga pertandingan kandang grup setiap klub akan ditentukan belakangan.

-- Sepak bola putri: Satu event pertandingan kualifikasi Olimpiade putri antara China, Taiwan, Thailand dan Australia yang dijadwalkan pada 3-9 Februari di Wuhan, pusat penyakit tersebut, dipindah awalnya ke Nanjing kemudian ke Sydney. Tim sepak bola putri China dikarantina di sebuah hotel di Brisbane para Rabu setelah tiba di Australia untuk mengikuti turnamen tersebut.

-- Tinju: Event kualifikasi untuk Olimpiade Tokyo 2020 yang semula dijadwalkan pada 3-14 Februari di Wuhan dijadwal ulang untuk digelar di Amman Jordania pada 3-11 Maret.

-- Bola basket putri: Turnamen kualifikasi Olimpiade lainnya, pertarungan antara empat tim untuk meraih tiga tempat di Tokyo antara China, Britania Raya, Spanyol dan Korea Selatan dipindah pada Senin dari Foshan, di selatan China, ke Belgrade yang akan dilaksanakan bersama grup empat tim lainnya pada 6-9 Februari.

-- Akuatik: Seri Loncat Indah Dunia yang digelar di China, yang dijadwalkan 7-9 Maret di Beijing, "telah dibatalkan," kata presiden federasi renang internasional Cornel Marculescu, kepada AFP, Senin. Ia mengatakan Seri Dunia untuk renang sinkronisasi, dijadwalkan digelar di Suzhou pada 23-25 April, juga dipertanyakan.

-- Balap sepeda: Tour of Hainan, yang akan dipromosikan sebagai ProSeries tier kedua tahun ini, yang dijadwalkan pada 23 Februari hingga 1 Maret di Hainan. Event tersebut sudah dibatalkan "karena situasi kesehatan di negara tersebut", kata Persatuan Bersepeda Internasional (ICU), Senin, namun mungkin dijadwal ulang belakangan pada 2020.

Sedang memantau

-- Formula Satu: Balapan Grand Prix China akhir pekan dijadwalkan di Shanghai pada 17-19 April, event yang akan menarik puluhan ribu fans.

"Kami sedang memantau situasi dalam kolaborasi yang erat dengan F1, promotor dan dengan Federasi Olahraga Otomotif di China, yang merupakan kepanjangan kami di China," kata induk organisasi FIA dalam satu pernyataan.

"Kami semua sedang memantau bersama-sama. Pada tahap ini tidak banyak yang bisa kami lakukan kecuali melihat situasi dan bereaksi jika diperlukan, jika rekomendasi dibuat oleh otoritas terkait."

-- Formula E: Seri balap mobil listrik juga akan digelar di China, pada 21 Maret di pulau selatan Hainan.

Pernyataan Formula E berbunyi: "Mengingat masalah kesehatan saat ini, kami melanjutkan memantau dengan cermat situasi yang berkembang setiap hari. Kami telah meminta mitra regional kami bekerja sama dengan federasi motorsport setempat, untuk bekerja sama dengan otoritas terkait di provinsi Hainan untuk menganalisis dan menilai lebih lanjut situasinya dan memberi rekomendasi tentang persiapan untuk balapan tersebut."

-- Sepak bola: China semula akan menjamu Maladewa dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia pada 26 Maret dan bertandang ke Guam untuk pertandingan berikutnya pada 31 Maret dan mengatakan kendati semua sepak bola domestik ditangguhkan, keputusan apapun pada laga internasional akan dibuat di kemudian hari.

"CFA akan terus menjaga komunikasi dengan otoritas nasional, dan memutuskan waktu setiap event terpisah berdasarkan perkembangan aktual dari situasi di setiap daerah," kata pernyataan tersebut.

Memantau situasi

-- Gulat: Turnamen kualifikasi Asia untuk Olimpiade dijadwalkan pada 27-29 Maret di Xi'an mungkin dibatalkan.

"Kami mengikuti situasi ini dengan seksama dan kami berhubungan erat dengan dengan federasi China dan otoritas setempat," kata Nenad Lalovic, presiden Federasi Gulat Internasional, kepada AFP, Senin. "Kami akan mengambil keputusan dalam 15 hari."

-- Konferensi Olahraga: Konvensi tahunan SportAccord, yang mempertemukan para presiden federasi olahraga internasional utama dan kepala gerakan Olimpiade, termasuk Presiden IOC Thomas Bach, akan digelar di Beijing pada 19-24 April.

SportAccord sedang "memantau situasinya dengan seksama" dan "mengikuti rekomendasi dari orotitas China dan WHO mengenai perjalanan ke dan dari China," kata seorang juru biacara kepada AFP, Senin.

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dubes: WNI yang berada di Korsel dalam keadaan sehat dan aman

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar