Tenis

Federer optimistis meski terhenti di semifinal Australia Open 2020

Federer optimistis meski terhenti di semifinal Australia Open 2020

Petenis asal Swiss Roger Federer bertanding melawan petenis asal Australia John Millman dalam babak ketiga turnamen tenis Australia Open di Melbourne Park, Melbourne, Australia, Jumat (24/1/2020). (REUTERS/KAI PFAFFENBACH)

Jakarta (ANTARA) - Roger Federer, meski harus tersingkir di babak semifinal Australia Open 2020 setelah dikalahkan Novak Djokovic, ia tetap berpikir positif dan mengaku menikmati proses pertandingannya di turnamen Grand Slam awal musim ini.

Petenis peringkat tiga asal Swiss ini ditundukkan peringkat dua Djokovic dengan skor 7-6(1), 6-4, 6-3 dan gagal masuk ke final kedelapannya di turnamen Grand Slam ini.

Catatan pertandingan Federer kini menjadi 5-1 di musim ini, dan skor pertemuannya dengan Djokovi menjadi 23-27.

Baca juga: Roger Federer didenda Rp40 juta karena memaki

"Secara keseluruhan hingga hari ini saya merasa bahagia. Saya senang apa yang sudah dicapai. Saya sudah berupaya maksimal dalam turnamen ini, terutama setelah pertandingan menghadapi Millman dan Sandgren," kata Federer dalam laporan atptour.com, Jumat.

Setelah pertandingan meladeni Tennys Sandgren (Amerika Serikat), fisik Federer sempat terganggu dengan munculnya cedera di pangkal pahanya yang mulai terasa di tengah pertandingan.

Malam harinya, ia kemudian melakukan scan pada area yang terasa sakit dan diketahui semua baik-baik saja. Meski begitu, petenis berusia 38 tahun ini enggan memaksakan permainannya pada pertandingan perempat final namun tetap berusaha melaju hingga semifinal.

Baca juga: Djokovic selangkah juarai AO kedelapan setelah kalahkan Federer

"Di akhir saya masih senang, saya memainkan semua pertandingan dengan baik. Saya tahu saya bisa bermain lebih bagus, tapi di satu sisi saya juga tahu bisa bermain buruk," katanya.

Federer begitu optimistis ia bisa bermain dengan baik lagi seperti sedia kala, bermain dengan kekuatan penuh dalam waktu dekat. Bahkan ia sudah berkomitmen akan kembali mengikuti Australia Open 2021.

"Anda tak akan pernah tahu masa depan seperti apa. Terutama di umurku, kau tak akan tahu. Saya tetap merasa senang dengan umurku sekarang, saya percaya diri. Saya sudah melalui latihan yang baik, tidak ada rencana untuk pensiun," ujar Federer.

Baca juga: Nadal tak mau fokus ke koleksi Grand Slam Roger Federer

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kisah Christopher Rungkat tembus babak utama Wimbledon

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar