Walaupun suasana dalam keadaan hujan namun semua merasa senang
Mamuju (ANTARA) - Komandan Lanal Mamuju Letkol Marinir La Ode Jimmy HR M Tr Hanla, mengajak unsur Forkopimda di Sulawesi Barat mengikuti Joy Sailing atau berlayar gembira di perairan Mamuju menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Tongkol-813.

"Tujuan dari Joy Sailing ini untuk menjaga dan meningkatkan silaturahmi dengan unsur Forkopimda Sulbar," kata Jimmy, di Mamuju, Jumat.

KRI Tongkol-813 memulai pelayaran dari Dermaga Rangas Lanal Mamuju pada Jumat pagi dengan mendapat pengawalan dari Satuan Pasukan Dinas Penyelam TNI AL Koarmada II.

Pelayaran tersebut dikomandoi KS Guskamla Koarmada II Kolonel Laut (P) Joni Sudianto dan dipimpin Komandan KRI Mayor Laut (P) Ardita Yudha P SH M Tr Opsla.

Baca juga: Lanal Mamuju gelar lomba perahu katinting

Turut hadir dalam Joy Sailing Kolonel Laut (T) Binsar Yuli Wijaya Siahaan (Aslog Guskamla Koarmada II), Mayor Laut (P) Andi Firmansyah A.AT (Palaksa Lanal Mamuju), Kabaglak Rem 142/Tatag, Perwira Staf Lanal Mamuju serta prajurit Lanal Mamuju.

Sementara, unsur Forkopimda yang ikut Joy Sailing, yakni Danrem 142/Tatag beserta istri, Dandim 1418/Mamuju, Kepala Kesbangpol Provinsi Sulbar, perwakilan BNN Sulbar, Kepala Kanwil Kemenkumham, Kepala perwakilan Bank Indonesia, perwakilan Kejati, Kadis Perpustakaan Sulbar, Camat Simboro, Kabag TU BPN Sulbar dan Lurah Kelurahan Rangas.

Pelayaran mengelilingi Laut Mamuju tersebut menempuh waktu sekitar satu jam.

"Forkopimda yang hadir, juga ada yang membawa keluarga, karena ini kegiatan yang belum pernah dilakukan. Kegiatan ini memberikan pesan bahwa TNI AL adalah pihak yang terbuka kepada masyarakat atau siapapun, bahkan setiap kali KRI sandar di Mamuju selalu dibuka open ship agar masyarakat bisa mengetahui spesifikasi maupun jeroan Kapal Perang Republik Indonesia," terangnya.

"Walaupun suasana dalam keadaan hujan namun semua merasa senang, serta prajurit kami tetap semangat dalam melayani walaupun mereka menjalankan tugas dalam keadaan basah," ujar Jimmy.

Baca juga: Lantamal VI akan gelar joy sailing kapal perang

Pewarta: Amirullah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020