Liga Inggris

Posisi paling pas untuk Bruno Fernandes

Posisi paling pas untuk Bruno Fernandes

Pemain anyar Manchester United Bruno Fernandes (AFP)

Jakarta (ANTARA) - Masa depan pesepak bola berusia 25 tahun itu sudah menjadi sumber spekulasi kencang sepanjang jendela transfer Januari.

Manchester United pada Rabu malam memastikan mereka telah sepakat membeli pemain timnas Portugal itu dalam banderol 68 juta pound (Rp1,2 triliun) dan kontrak terbesar dalam transfer Januari ini pun sudah diumumkan.

Berikut hal-hal yang bisa dibawa Bruno Fernandes untuk pasukan Ole Gunnar Solksjaer, versi Sky Sports.

Baca juga: Siapa sih Bruno Fernandes itu?


Yang dibawa Fernandes

Selama dua setengah tahun merumput bersama Sporting Lisbon, Fernandes sudah melesakkan 64 gol dari 137 penampilannya dalam semua kompetisi.

Angka itu istimewa sekali untuk seorang pemain berposisi gelandang serang, dan statistik yang sama menunjukkan dia sama efektifnya dalam soal kreativitas.

Fernandes menciptakan peluang gol jauh lebih banyak dibandingkan dengan pemain mana pun pada masa di Liga Utama Portugal, dengan 239 peluang.

Total 28 assist-nya adalah yang kedua terbanyak di liga itu dan dia berperingkat kedua dalam hal menciptakan peluang emas (31 kali) dan ketiga dalam urusan memberikan umpan (1.364). Tidak ada pemain yang sebanyak dia dalam meneruskan umpan langsung menjadi gol, 17 kali.

Fernandes adalah pemain berorientasi langsung menyerang yang senang menantang bek lawan dan gemar mengambil risiko dengan menguasai bola ketimbang bermain aman.

Ini bisa terlihat dari kebiasaannya saat meneruskan bola ke mitra-mitranya di mana kebanyakan umpan yang dia lepaskan adalah umpan langsung ke depan, sekalipun dia juga kerap beroperasi menusuk ke jantung lawan.

Fernandes melepaskan tendangan ke gawang yang jauh lebih banyak ketimbang pemain sekelasnya di Liga Portugal selama membela Sporting. Dia juga mematikan dalam umpan jarak jauh di mana sembilan dari 29 golnya di liga berasal dari luar kotak penalti.

Ini, kata Sky Sports, menjadi asset sangat berharga untuk United dalam menajamkan lagi tajinya di Liga Premier.

Baca juga: MU sepakat kontrak Fernandes seharga Rp824 miliar plus bonus

Selanjutnya: Di-upgrade...

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar