IBL

Aspek rebound jadi pembeda NSH atas Pacific

Aspek rebound jadi pembeda NSH atas Pacific

Pebasket impor NSH Jakarta Mike Glover (kanan) meluapkan ekspresi usai mencetak poin dalam laga pembuka Seri III IBL 2020 melawan Pacific Caesar Surabaya di Mahaka Square, Jakarta, Jumat (31/1/2020). (ANTARA/HO-IBL)

Jakarta (ANTARA) - Aspek rebound alias mengamankan bola pantul jadi pembeda bagi NSH Jakarta yang menang 90-81 atas Pacific Caesar Surabaya dalam laga pembuka Seri III IBL Jakarta di Mahaka Square, Jakarta, Jumat.

Statistik pertandingan mencatat NSH bisa mengamankan 52 rebound sepanjang laga. Dari jumlah tersebut 21 di antaranya dibukukan oleh impor Mike Glover yang juga jadi pengumpul angka terbanyak sepanjang pertandingan dengan 30 poin untuk NSH.

Hal itu cukup disayangkan pelatih kepala Pacific David Singleton yang tak habis pikir, sebab dalam pertandingan kontra Pelita Jaya Bakrie para pemainnya bisa membatasi ruang gerak Dior Lowhorn.

"Sebelumnya kami sukses menjaga Dior Lowhorn. Entah mengapa hari ini tidak berjalan bagus menjaga Glover, sehingga dia bisa memperoleh 21 rebound," kata Singleton selepas pertandingan.

Indra Muhammad juga mengakui kekurangan yang terjadi di kubu Pacific sembari menyebut bahwa komunikasi antar pemain di dalam lapangan tidak berjalan dengan optimal.

Baca juga: NSH buka Seri III IBL atasi perlawanan sengit Pacific

Capaian Glover di pertandingan itu tidak lepas dari instruksi pelatih kepala NSH, AF Rinaldo, yang meminta pemain asing itu lebih aktif di dalam paint area demi mengatasi kondisi yang memaksa dirinya memainkan Dashaun Wiggins dari bangku cadangan.

"Karena Wiggins harus dari bench, saya minta Mike Glover lebih aktif di paint area. Selain itu tanpa Wiggins kami harus menyiapkan dua ball handler," ujar pelatih yang akrab disapa Inal itu.

"Dengan unggul rebound berarti kami akan selalu mendapat possession," katanya menambahkan.

Keperkasaan di bawah keranjang juga turut mendorong Lutfi Eka Koswara lebih lepas dalam melakukan percobaan tembakan tripoin sepanjang laga.

Kendati hanya melesakkan lima dari 13 percobaan, Lutfi memberi kontribusi 15 poin yang jelas penting untuk menyokong kemenangan NSH.

"Teman-teman memberikan support kepada saya untuk tidak takut melepaskan tembakan," kata Lutfi.

NSH akan segera melakoni pertandingan keduanya di Seri III menghadapi Indonesia Patriots pada Sabtu (1/2), sedangkan Pacific punya waktu istirahat sehari sebelum menggelar derbi Kota Pahlawan di Jakarta kontra Louvre Surabaya.

Baca juga: Satya Wacana diuntungkan dengan absennya Wiggins di NSH
Baca juga: Pemain asing dan Hangtuah dinilai belum nyaman satu sama lain

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Satpam sekolah, pelatih pertama Kapten Tim Bola Basket Jateng

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar