Operasi bibir sumbing gratis UB di Serang diapresiasi

Operasi bibir sumbing gratis UB di Serang  diapresiasi

Bupati Serang, Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah usai penyambutan Tim Bakti Sosial Operasi Sumbing dan Langitan di Rumah Sakit dr Drajat Prawiranegara (RSDP) Serang Jumat (31/1/2020). Bupati mengapresiasi bantuan operasi bibir sumbing gratis yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Serang oleh Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur (FOTO ANTARA/Lukman Hakim).

Anak-anak yang mendapatkan operasi gratis diharapkan bisa hidup sempurna. Karena, dengan kondisi fisik yang sempurna mereka mendapatkan pendidikan yang lebih baik
Serang (ANTARA) - Bupati Serang, Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi bantuan operasi bibir sumbing gratis yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Serang oleh Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur.

“Sebanyak 27 anak mendapatkan bantuan operasi gratis bibir sumbing dari 30 orang, karena ada tiga anak yang mengundurkan diri karena faktor kesehatan. Anak yang mendapatkan operasi ini berusia 3 sampai 13 tahun. Ini bermanfaat untuk masa depan mereka,” katanya usai penyambutan Tim Bakti Sosial Operasi Sumbing dan Langitan di Rumah Sakit dr Drajat Prawiranegara (RSDP) di Serang, Jumat.

Operasi bibir sumbing gratis itu dilakukan UB dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Saeful Anwar Malang bekerja sama dengan Yayasan Sekar Lintas Nusantara dan PT. Barata Indonesia.

Hadir pada kesempatan tersebut Direktur RSDP Serang, dr Rachmat Setiadi, Plt Kepala Dinkes Kabupaten Serang, Agus Sumayadi, dan para pejabat RSDP Serang serta puluhan keluarga yang mendapatkan bantuan operasi bibir sumbing.

Bupati berharap anak-anak yang mendapatkan operasi gratis bisa hidup sempurna. Karena, dengan kondisi fisik yang sempurna mereka mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

“Kemudian bisa hidup di tengah masyarakat layaknya seperti anak yang lain, dengan tidak ada rasa minder,” katanya.

Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, bupati mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang yang bekerja sama dengan RSDP Serang, dan berharap kegiatan semacam itu bukan hanya kali ini saja, akan tetapi terus berlanjut ke depannya.

“Terselenggaranya kegiatan ini atas upaya Dinkes dan puskesmas yang berupaya mendata anak penderita celah bibir dan langit-langit,” kata Ratu Tatu Chasanah.

Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi Fakultas Kedokteran UB dan juga Ketua SMF Bedah Plastik Rumah Sakit Umum Daerah dr Saeful Anwar Malang dr Herman Limpat Wihastyoko, Sp.BP-RE (K)  mengatakan, bahwa kegiatan operasi bibir sumbing sebagai bakti sosial PT. Barata Indonesia, perusahan perwakilan Jerman yang ingin membantu dan bekerja sama dengan UB dan RSUD dr Saeful Anwar Malang.

“Kemudian kami berkoordinasi dengan Ibu Bupati Serang,” katanya.

Dipilihnya bakti sosial di RSDP Serang, kata Herman, karena RSDP Serang merupakan rumah sakit rujukan yang menampung pasien dari lima kabupaten dan kota di Banten.

“Seperti kita lihat, segmen pasien disini banyak sekali,” demikian Herman  Limpat Wihastyoko.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Brawijaya buat alat deteksi dini skizofrenia
​​​​​​​
Baca juga: Dinkes periksa kesehatan 724 calon haji Serang

Baca juga: Universitas Brawijaya produksi alat deteksi diabetes melitus

 

Pewarta: Lukman Hakim/Sambas
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar