pemerintah juga melakukan percepatan ekspor dengan memangkas birokrasi demi menggeliatkan ekspor keluar negeri.
Sidoarjo (ANTARA) - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melepas ekspor komoditas makanan beku produksi PT Sekar Bumi Tbk di Sidoarjo, Jawa Timur,  antara lain ke Amerika Serikat, Jepang, Eropa, dan Korea Selatan.

"Saya sangat bangga dengan ekspor produk dari Indonesia, apalagi di dalamnya ada produk khas Indonesia seperti tempe, petai, dan juga bumbu pecel yang turut diekspor kali ini," katanya di sela pelepasan ekspor di Sidoarjo, Jumat.

Ia mengemukakan, pihaknya mendorong perusahaan-perusahaan lain supaya mengekspor komoditas mereka keluar negeri.

"Kami juga meminta perusahaan ini menggandeng UKM dalam mengembangkan bisnis mereka melalui KUR," katanya.

Baca juga: Mendag akan selektif impor makanan dan minuman dari China

Ia mengatakan, pemerintah juga melakukan percepatan ekspor dengan memangkas birokrasi demi menggeliatkan ekspor keluar negeri.

"Hal itu sebagai bentuk dukungan dari perintah tentang kemudahan ekspor yang diberikan, terutama awal tahun 2020 ini," katanya.

Ekspor produk makanan beku ini diberangkatkan secara simbolis dari pabrik PT Sekar Bumi Tbk di Kabupaten Sidoarjo di dampingi Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak serta Presiden Direktur PT Sekar Bumi Tbk Harry Lukmito.

"Totalnya ada 65 kontainer 40 feet yang nilainya mencapai 8.700.000 dolar AS. Jenis makanan yang diekspor bervariasi seperti udang, ebi furai, ebi katsu, bakso ikan, siomay, hakau dan spring roll. Bahkan juga ada produk lokal tanah air seperti tempe, petai, lele dan bumbu pecel," kata Presiden Direktur PT Sekar Bumi Tbk Harry Lukmito.

Ia mengatakan, ekspor juga dilakukan dari pabrik lain di Cikupa Tangerang dan Pasuruan, Jawa Timur. Tahun ini ekspor akan ditingkatkan melebihi tahun lalu yang nilainya mencapai 131.908.713 dolar Amerika.

"Sejak 1973 didirikan menjadi pabrik pengolahan dan eksporter, kita sudah menyumbang devisa lebih dari 2 miliar dolar Amerika," katanya.

Baca juga: Kimia Farma ekspor perdana bahan baku kosmetik ke Korea Selatan

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak mengaku bangga karena produk Sidoarjo bisa menembus pasar dunia. Bahkan produk-produk itu dipasarkan di sejumlah supermarket ternama.

"Saya juga ikut bangga, best performance exporter ternyata ada di Sidoarjo," kata Emil.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020