Kami berharap keberadaan Pelindo I di sekitar masyarakat mampu memberikan manfaat yang baik dan turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Tanjungpinang (ANTARA) (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I menyelenggarakan program pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat Kelurahan Bagan Deli, Belawan, Medan.

Program ini merupakan program bantuan ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat berupa pengolahan ikan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Program pemberdayaan ekonomi yang melibatkan keikusertaan masyarakat Bagan Deli untuk lebih produktif serta bisa menambah penghasilan," kata SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo I, M. Eriansyah, Jumat.

Ia mengatakan, Pelindo I membina masyarakat Bagan Deli untuk berwirausaha dengan memberikan latihan keterampilan serta peralatan untuk mengolah ikan menjadi makanan yang mempunyai nilai jual yang lebih tinggi.

Bantuan yang diberikan berupa bantuan modal, sarana, dan pengembangan usaha serta pendampingan yang dilakukan secara berkeseinambungan.

"Kami berharap keberadaan Pelindo I di sekitar masyarakat mampu memberikan manfaat yang baik dan turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, masyarakat Bagan Deli diberikan pelatihan mengolah ikan menjadi nuget dan kerupuk dengan narasumber Ana Rahmi, dosen Tata Boga Universitas Negeri Medan (UNIMED) pada Sabtu, 11 Januari 2020.

Jenis usaha pengolahan ini dipilih karena nuget ikan merupakan produk yang mempunyai nilai ekonomis dan mudah dijual.

Apalagi ikan menjadi hasil laut yang mudah diperoleh oleh masyarakat Bagan Deli karena sebagian penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan.

Lurah Bagan Deli, Zul Ashri dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pelindo I dan Rumah Zakat yang telah membina dan memberikan bekal yang bermanfaat bagi masyarakat Bagan Deli.

“Setelah masyarakat Bagan Deli diberikan pelatihan, ilmunya bisa diterapkan serta produk yang dihasilkan tersebut mampu memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat. Semoga ke depannya, bisnis yang mereka rintis bisa terus berkembang dan semakin sukses,” kata Zul Ashri.

Salah seorang warga Bagan Deli, Sri Wati yang sekaligus ketua KUBE Olahan Ikan Bagan Deli berharap produksi makanan yang dibuat oleh masyarakat mampu memberikan penghasilan tambahan bagi keluarganya.

“Melalui program yang diselenggarakan Pelindo I bersama Rumah Zakat ini, kami dilatih untuk membuat pilus ikan, nuget ikan, kerupuk ikan, dan pengolahan ikan asin tawar.

Lebih lanjut, ia menyebut cara membuatnya sangat mudah sehingga bisa dicoba di rumah. Ia berharap makanan yang diproduksi ini bisa semakin berkembang sehingga bisa membantu meningkatkan kesejahteraan warga tempatan.

Penyerahan secara simbolis bantuan Program Pemberdayaan Ekonomi kepada masyarakat Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Olahan Ikan Bagan Deli dilakukan oleh SVP Sekretariat Perusahaan M. Eriansyah, VP Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pelindo I Fatimah Zuhra, Branch Manager Rumah Zakat M. Yunus Aziz, dan Lurah Bagan Deli Zul Ashri.
 

Pewarta: Ogen
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020