Jakarta (ANTARA) - Beragam berita dan peristiwa di Kota Metropolitan Jakarta dan sekitarnya terjadi selama sepekan terakhir Januari 2020 telah diwartakan Kantor Berita ANTARA dan masih layak dibaca kembali sebagai informasi serta referensi sebelum memulai aktivitas awal Februari ini.

Berikut tujuh rangkuman berita yang layak untuk dibaca kembali mulai dari polemik penunjukkan langsung Dirut TransJakarta hingga wabah virus Novel Corona.

Kemudian, penghentian sementara revitalisasi Monas dan MRT Run

1. Ada dugaan maladministrasi soal Dirut Transjakarta

Ombudsman Perwakilan DKI Jakarta men​duga ada maladministrasi dalam proses pergantian dan penunjukan Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dari Agung Wicaksono ke Donny Andy S Saragih.

"Iya ini sudah jelas ada dugaan maladministrasi terkait kelalaian Pemprov DKI dalam proses pemilihan direktur BUMD karena kan sebetulnya ada pergub-nya terkait pengangkatan pejabat BUMD di lingkungan Pemprov DKI yakni Pergub 5 Tahun 2018," kata Ketua Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya, Teguh Nugroho saat dihubungi di Jakarta, Senin.


2. Baru tiga hari, Donny Saragih dicopot dari Dirut Transjakarta

Penunjukkan Donny Andy S. Saragih sebagai Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) sejak Kamis (23/1) dibatalkan pada Senin.

Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta Faisal Syafruddin dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin, menyebutkan bahwa keputusan itu diambil melalui mekanisme keputusan para pemegang saham di luar RUPS PT Transjakarta merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

3. Dinkes DKI rekomendasikan tiga RS rujukan isolasi penderita corona

Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiapkan tiga rumah sakit sebagai rujukan untuk fasilitas isolasi terhadap pasien terduga terjangkit
virus corona.

"Sementara ini, Jakarta ada tiga RS rujukan untuk isolasi, yakni RS Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Suroso, RS Persahabatan dan RSPAD Gatot Soebroto," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti saat dihubungi di Jakarta, Selasa.


4. RSPI Sulianti Saroso tangani dua pasien yang awalnya diduga corona

Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso ​​​​dalam sepekan terakhir telah menangani dua pasien yang semula diduga (suspect) terjangkit virus corona.

Direktur RSPI Sulianti Saroso, dr Muhammad Syahril mengatakan, dua pasien itu merupakan rujukan dari Rumah Sakit Pondok Indah yang tidak mampu ditangani karena terbatasnya fasilitas.

"Salah satu kriteria penting untuk pasien suspect, yakni memiliki riwayat perjalanan ke wilayah sumber virus," kata Syahril di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Rabu


5. Revitalisasi Monas akan dihentikan sementara mulai Rabu (29/1)

Proyek Revitalisasi Monumen Nasional (Monas) yang saat ini dilakukan di sisi selatan, akan dihentikan sementara mulai Rabu 29 Januari 2020.

Hal itu, sesuai dengan permintaan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi saat melakukan inspeksi mendadak Revitalisasi Monas, Rabu yang mengatakan proyek tersebut dihentikan sementara sampai ada surat persetujuan dari Kementerian Sekretariat Negara sebagai Ketua Komisi Pengarah.


6. Ketua DPRD DKI ungkap kejanggalan Revitalisasi Monas

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengungkapkan adanya kejanggalan dalam proyek Revitalisasi Monas, sehingga harus dihentikan untuk sementara.

Salah satu kejanggalan itu, kata Prasetio, Selasa, jika disebut revitalisasi itu mengikuti Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 1995, pasal lima jelas berbunyi bahwa Kemensetneg sebagai Ketua Komisi Pengarah. Adapun komisi ini memiliki tugas memberikan pengarahan dan pendapat kepada badan pelaksana dalam melaksanakan tugasnya.

Kemudian, ketua pengarah juga bertugas memberikan persetujuan terhadap perencanaan beserta pembiayaan pembangunan Taman Merdeka yang disusun oleh badan pelaksana. Adapun badan pelaksana diketuai oleh Gubernur DKI Jakarta.


7. "MRT Run" akan digelar untuk peringati setahun MRT Jakarta


"MRT Run" akan digelar untuk memperingati setahun moda transpotasi cepat MRT Jakarta beroperasi sejak Mei 2019.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhammad Kamaludin menjelaskan acara tersebut menjadi bagian dari MRT Fest 2020.

"Akan ada keriaan, festival di bulan Maret. Targetnya sekitar 7.000 peserta," ujar Kamaludin di Jakarta, Kamis.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020