Jakarta (ANTARA) - Juru bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan pemerintah menghargai dan berterima kasih kepada semua pihak dalam upaya evakuasi warga negara Indonesia dari Provinsi Hubei, China, terkait virus corona.

"Pemerintah sangat menghargai dan berterima kasih atas kerjasama semua pihak dalam upaya evakuasi WNI dari Provinsi Hubei," kata Fadjroel dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Presiden instruksikan TNI jemput WNI di Provinsi Hubei

Fadjroel menyampaikan ucapan terima kasih terutama ditujukan Pemerintah RI kepada Pemerintah RRT, termasuk Dubes RRT di Indonesia, pemerintahan Provinsi Hubei dan pihak Bandara Wuhan.

"Selain itu juga kepada pihak KBRI, yang tak kenal lelah sejak hari pertama merebaknya virus corona, yang selalu berkomunikasi dengan 243 WNI di Hubei hingga evakuasi, juga Perhimpunan Peĺajar Indonesia Tiongkok cabang Wuhan yang selalu aktif bekerjasama dengan KBRI selama masa-masa sulit di kota Wuhan," ujar dia.

Dia menyampaikan Presiden RI Joko Widodo sangat menghargai semua upaya tak kenal lelah tersebut untuk saling membantu yang merupakan cerminan kegotongroyongan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Presiden: Evakuasi WNI dari Hubei China tunggu antrean

Lebih jauh dia mengatakan setelah ketibaan evakuasi WNI di Indonesia, pemerintah mengharapkan semua pihak untuk menghormati wewenang kementerian dan lembaga terkait sesuai Inpres No.4/2019 untuk melaksanakan kewajibannya sehingga WNI yang dievakuasi dari Provinsi Hubei maupun seluruh masyarakat di Indonesia mendapat perlindungan dan pelayanan kesehatan optimal sesuai prosedur.

"Mari bergotong-royong dan bahu-membahu menghadapi dan melewati masa-masa sulit ini, semoga Tuhan YME memberkahi kita semua," kata dia.

Baca juga: Per 24 Januari, data WNI di Wuhan 93 orang

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020