Temperatur diperkirakan akan mencapai 41 Celcius (105,8 Fahrenheit) pada Sabtu, memicu kebakaran hutan di luar kendali di selatan wilayah Ibu Kota Australia
Melbourne (ANTARA) - Oleh Will Ziebell

Pihak berwenang memperingatkan penduduk ibukota Australia, Canberra, untuk waspada terhadap serangan api dan bara pada Sabtu ketika suhu udara yang meningkat dan angin kencang bisa memicu nyala api yang tak terduga di dekat daerah pinggiran kota.

Temperatur diperkirakan akan mencapai 41 Celcius (105,8 Fahrenheit) pada Sabtu, memicu kebakaran hutan di luar kendali di selatan wilayah Ibu Kota Australia yang telah berkembang menjadi lebih dari 30.000 hektar.

"Hari ini cuaca yang sangat panas ... kondisi kering dan peringkat bahaya kebakaran yang parah, berarti hari-hari yang berat bagi petugas pemadam kebakaran," kata Komisaris Badan Layanan Darurat ACT Georgeina Whelan dalam keterangan melalui televisi di Canberra.

"Kondisinya berpotensi menjadi lebih berbahaya dan api dapat menimbulkan ancaman bagi kehidupan yang berada di jalurnya," kata Whelan.

Keadaan darurat yang diumumkan ACT pada Jumat  diperkirakan berlangsung hingga akhir pekan. Ini adalah area pertama sejak 2003 ketika empat orang tewas dan hampir 500 rumah hancur dalam kebakaran hutan.

Di negara bagian tetangga, New South Wales, Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan mengatakan 60 kebakaran hutan terjadi Sabtu pagi. Pihak berwenang telah mengeluarkan peringatan luas untuk seluruh negara bagian di selatan.

Baca juga: Hercules yang memadamkan kebakaran Australia jatuh, 3 orang tewas

Musim kebakaran yang dahsyat dan berkepanjangan di Australia telah menewaskan 33 orang dan diperkirakan 1 miliar hewan asli musnah sejak September. Sekitar 2.500 rumah telah hancur dan lebih dari 11,7 juta hektar (117.000 km persegi) hutan semak kering telah hancur.

Berikut peristiwa utama pada Sabtu seputar krisis kebakaran hutan:

- Aktivitas kebakaran meningkat di beberapa bagian Snowy Mountains Australia, wilayah pegunungan di mana sebuah kapal pesawat pemadam kebakaran jatuh pada 22 Januari, menewaskan tiga petugas asal AS.

- Suhu di barat Sydney diperkirakan akan mencapai 46 Celcius (114,8 ° F) pada Sabtu.

- Di negara bagian Victoria di mana 25 kebakaran aktif, layanan darurat negara mengeluarkan peringatan cuaca buruk berupa badai yang bisa membawa hujan deras dan banjir bandang ke beberapa bagian negara bagian.

Sumber: Reuters

Baca juga: Australia bersiap kembali hadapi kebakaran hutan akibat kenaikan suhu

Baca juga: Metode tradisional suku asli bisa cegah kebakaran hutan Australia

Penerjemah: Atman Ahdiat
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020