Bangkok (ANTARA) - Evakuasi warga negara Thailand dari pusat wabah virus corona di China akan berlangsung "dalam hitungan hari", demikian pemerintah Thailand pada Sabtu.

Tiga pejabat Kedutaan Besar Thailand di Beijing diharapkan mampu menjangkau Wuhan, ibu kota provinsi Hubei tempat munculnya wabah, pada Minggu guna membantu evakuasi, kata juru bicara pemerintah Narumon Pinyosinwat.

"Terjadi peningkatan dari 161 menjadi 182 warga negara Thailand di daerah tersebut yang terdaftar dengan kami dan kami sedang memverifikasi dokumen mereka," katanya kepada Reuters.

"Evakuasi akan berjalan dalam hitungan hari, kemungkinan setelah 2 Februari," katanya.

Wakil Perdana Menteri Prawit Wongsuwan mengatakan evakuasi akan dilakukan pada Sabtu, namun sejumlah pejabat kemudian menyebutkan tanggal tersebut belum pasti.

Otoritas China menunda perjalanan udara, darat maupun kereta di daerah sekitar Wuhan dan Provinsi Hubei dan memberlakukan pembatasan perjalanan serta aktivitas lainnya di seluruh negara menyusul wabah virus corona.

Thailand mengkonfirmasi 19 kasus virus corona di negara tersebut. Tujuh orang di antaranya sudah sembuh sementara 12 orang sisanya masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Sumber: Reuters
Baca juga: Thailand konfirmasi enam penderita virus corona, total jadi 14 kasus
Baca juga: Thailand deteksi pasien keempat virus corona China
Baca juga: Wanita China dengan virus pneumonia Wuhan dikarantina di Thailand

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2020