PDIP lakukan penghijauan serentak di DAS Citarum

PDIP lakukan penghijauan serentak di DAS Citarum

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono (kiri) ,di lokasi penghijauan di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (1/2/2020). (Antaranews/Riza Harahap)

telah menyiapkan puluhan ribu bibit pohon untuk penghijauan
Bandung (ANTARA) - PDI Perjuangan akan melakukan penghijauan serentak di daerah aliran sungai (DAS) Citarum sebagai bagian dari rangkaian kegiatan ulang tahun ke-47 PDI Perjuangan dan merupakan bentuk kepedulian partai terhadap kelestarian lingkungan.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono, di lokasi penghijauan di Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK), Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu, mengatakan, penghijauan serentak akan dilakukan pada Minggu (2/2).

Menurut Ono, di Jawa Barat, penghijauan akan dilakukan di sembilan kabupaten dan kota di Jawa Barat, yang merupakan daerah aliran sungai (DAS) Citarum, meliputi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Karawang.

Ono Surono menjelaskan, kegiatan penghijauan ini merupakan wujud nyata dari kepedulian PDI Perjuangan terhadap kelestarian lingkungan sebagai bagian dari politik lingkungan partai.

Baca juga: PDIP lakukan penghijauan sebagai wujud dari program mencintai bumi

Menurut dia, penghijauan di DAS Citarum dipusatkan di PPTK Perkebunan Teh Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (2/2).

"PDI Perjuangan yang didukung oleh sejumlah lembaga, organisasi, komunitas, telah menyiapkan puluhan ribu bibit pohon untuk penghijauan," katanya.

Pada rangkaian kegiatan penghijauan tersebut, PDI Perjuangan juga akan mendeklarasikan satuan tugas pendukung kebersihan lingkungan.

Hutan Pajajaran
Anggota Komisi IV DPR RI ini menambahkan, kegiatan penghijauan pada 2 Februari besok, adalah pencanangan gerakan "Leuweung Pajajaran" yakni Hutan Pajajaran, melalui pelestarian hutan dan sungai.

Baca juga: PDI Perjuangan dorong pemerintah kembangkan Riset dan Iptek

Ono juga menjelaskan, PDI Perjuangan pada program penghijauan akan menanam 150 jenis pohon, sebanyak 89 jenis di antaranya adalah tanaman endemik Indonesia. "Melalui gerakan penghijauan ini diharapkan dapat menggugah masyarakat untuk tergerak menjaga kelestarian lingkungan," katanya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Sadarestu mengatakan, PDI Perjuangan sudah menginstruksikan kepada struktur partai di daerah untuk melakukan penghijauan di daerahnya masing-masing.

Restu yang menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Madiun, mengatakan, DPC PDI Perjuangan Madiun juga melakukan penghijauan di daerahnya pada Sabtu ini.
 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Megawati dan Prabowo sebut Jokowi sudah di jalan yang benar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar