Terhangat sepekan, penularan masif virus hingga WNI Wuhan ke Natuna

Terhangat sepekan, penularan masif virus hingga WNI Wuhan ke Natuna

Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan dievakuasi dari Wuhan, Hubei, China. (ANTARA FOTO/KBRI Beijing/pras).

Evakuasi WNI yang masih berada di Wuhan, China dilakukan Kamis, (30/1),
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora menjadi perhatian masyarakat dalam tempo sepekan ini mulai dari alasan mengapa virus corona dapat menyebar begitu masif hingga Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan yang akan dikarantina di pangkalan militer di Natuna.

Alasan kenapa virus corona menyebar begitu masif mengemuka di benak siapa pun saat wabah virus Corona (Koronavirus) yang berepisentrum di Kota Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), itu penularannya sangat luar biasa cepat dan massal.

Faktor yang turut berkontribusi meluasnya wabah ini adalah soal waktu. Wabah ini, kata Deputi Direktur Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular China (CCDCP) Feng Zijian dalam salah satu wawancara khusus yang disiarkan CCTV, Senin (27/1), bermula pada awal Desember 2019 atau sebulan sebelum kepadatan arus mudik liburan Imlek, saat orang-orang di satu wilayah yang terinfeksi melakukan perjalanan ke berbagai penjuru sehingga mempercepat penyebaran penyakit itu.

Oleh sebab itu, lanjut dia salah satu strategi untuk memudahkan pengendalian wabah tersebut adalah dengan memperpanjang masa libur Imlek.

Baca juga: Jerman perkirakan vaksin corona dikembangkan dalam beberapa bulan

Presiden RI Joko Widodo memutuskan evakuasi WNI yang masih berada di Wuhan, China dilakukan Kamis, (30/1).

Pemerintah juga akan membahas langkah-langkah yang akan diambil setelah opsi evakuasi diputuskan melalui rapat internal dengan Menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Saya sudah sampaikan kemarin, kita memiliki opsi untuk evakuasi tapi ada prosedurnya. Saya sudah sampaikan pagi tadi kepada Menlu untuk mulai menjajaki mengenai itu," kata Presiden Jokowi usai membuka Rakornas Ristek di Tangerang, Banten.

Baca juga: Menlu: penjemputan WNI dari Wuhan dilakukan dalam 24 jam

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa 245 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Kota Wuhan, China, akan dikarantina di rumah sakit di pangkalan militer yang ada di wilayah Natuna, Kepulauan Riau.

"TNI mendukung proses pemulangan warga Indonesia dari Wuhan menuju Indonesia dengan memberikan sarana dan prasarana untuk mendukung protokol kesehatan yang dijalankan pemerintah," kata Panglima TNI saat melepas Tim Evakuasi WNI dari Provinsi Hubei di China di Terminal I Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Sabtu.

Baca juga: Wali Kota: Tidak ada penolakan kedatangan WNI dari Wuhan di Batam

Pewarta: Katriana
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

6 warga positif COVID-19 asal Magetan dinyatakan sembuh

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar