Hujan dengan intensitas tinggi sebabkan banjir di Cengkareng, Jakarta Barat,
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Direktorat Perlindungan Sosial Bencana Alam menyalurkan bantuan logistik bagi 200 korban banjir di Cengkareng, Jakarta Barat.

"Hujan dengan intensitas tinggi sebabkan banjir di Cengkareng, Jakarta Barat," kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Kementerian Sosial mendistribusikan bantuan logistik berupa handuk sebanyak 39 potong, selimut 60 potong, matras atau tikar 30 lembar, makanan atau atau biskuit 29 dus, makanan siap saji 195 paket dan air mineral sebanyak 12 dus.

Selain memberikan bantuan logistik, Kemensos juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan mengerahkan taruna siaga bencana (Tagana) untuk asesmen kejadian.

Kemensos juga membuka dapur umum lapangan di Kantor Walikota Jakarta Barat untuk didistribusikan kepada pengungsi.

Hujan deras dengan intensitas tinggi sejak malam hingga siang hari menyebabkan banjir di Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, pada Sabtu (1/2).

Akibat banjir tersebut 200 orang terpaksa mengungsi ke Masjid Baitul Choir RT005/04 Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat.

Sementara itu, selain menyalurkan bantuan bencana di DKI Jakarta, Kemensos juga mengerahkan Tagana untuk asesmen kejadian banjir di Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Tim Tagana tersebut melakukan kaji cepat dan pemantauan terhadap bencana banjir yang terjadi pada Sabtu (1/2) di Desa Garis Hanyar, Cintapuri, Darussalam, Kabupaten Banjar. Selain itu, mereka juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial.

Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan tinggi muka air di kabupaten itu mencapai sekitar 40 sentimeter, 125 rumah terendam, 128 Kepala Keluarga terkena dampak dan 100 hektare sawah juga terkena dampak.

Baca juga: Kemensos salurkan bantuan bagi korban banjir bandang di Jember
Baca juga: Ratusan nasi bungkus dikirim untuk korban banjir Periuk Tangerang

Pewarta: Katriana
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2020