Enam kampung di Surabaya deklarasi dukungan Bacawali Eri Cahyadi

Enam kampung di Surabaya deklarasi dukungan Bacawali Eri Cahyadi

Sedikitinya enam kampung di Kota Surabaya dalam sepekan ini mendeklarasikan dukungan terhadap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Eri Cahyadi untuk bisa maju sebagai bakal calon wali kota Surabaya 2020. (HO)

Surabaya (ANTARA) - Sedikitinya enam kampung di Kota Surabaya, Jawa Timur, dalam sepekan ini mendeklarasikan dukungan terhadap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Eri Cahyadi untuk bisa maju sebagai bakal calon wali kota Surabaya 2020.

"Deklarasi ini adalah untuk merespons teman-teman dari Relawan Risma yang meminta bu wali mencalonkan Pak Eri. Kami mendukung sikap itu dengan deklarasi karena yang bisa meneruskan kerja-kerja Bu Risma (Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini) adalah Pak Eri," kata Risdiah Anggraeny, warga RT 05 RW 02 Kelurahan Keputran, Tegalsari, Surabaya, Senin.

Enam kampung yang sudah menyatakan dukungan adalah kampung sekitar Pasar Keputran, Dinoyo; RW7 Pondok Benowo Indah, Babat Jerawat; kampung Demak Timur, Gundih, Bubutan; Kampung Sidosermo III, Wonocolo; Kampung Margorejo Indah; dan Kampung Simomulyo.

Warga Dinoyo mengekspresikan dukungannya dengan menggelar tumpengan, doa bersama, dan pemasangan spanduk pada Sabtu (24/1). Sedangkan warga Kelurahan Keputran, Tegalsari menggelar deklarasi pada Sabtu (24/1).

Acara serupa juga digelar di Babat Jerawat pada Rabu (29/1). Puluhan warga nampak memadati area RW 07 Pondok Benowo Indah, Babat Jerawat, memakai atribut merah. Mereka mendeklarasikan diri mendukung Eri Cahyadi.

Tokoh Babat Jerawat, Suparjo menyatakan acara ini digelar demi menegaskan dukungan. "Kami ingin pemimpin yang bisa meneruskan kerja bagus Bu Risma, yang sejauh ini yang paling kelihatan ada di sosok Eri Cahyadi. Kami di Babat Jerawat sudah membuktikannya," ujarnya.

Hal serupa juga terjadi di Gundih, Bubutan, Kamis (30/1). Aris Dwi Santoso, tokoh kampung setempat, menyatakan bahwa Eri dinilai sudah sangat berjasa untuk Surabaya. Terlebih lagi di kampungnya. Ini yang membuat warga percaya pada Eri.

"Beliau sangat mengapresiasi UKM di Demak Timur. Ini jadi poin penting yang membuat warga begitu percaya," ujarnya.

Hal serupa juga terjadi di Jl. Sidosermo III, Jumat (31/1). Warga berkumpul dengan doa bersama untuk kemudian kenduri bareng. "Program-program bagus Bu Risma seperti Bu Mantik, posyandu, dan lain sebagainya wajib diteruskan. Biar warga bisa terus merasakan hasil positifnya," kata warga lainnya, Wahid Hasyim.

Wahid menambahkan, selama ini Eri sering mendampingi Risma saat melakukan programnya. Ini bisa jadi bukti bahwa Eri paham benar apa yang jadi mimpi Risma.

"Pak Eri sangat peduli dengan warga Sidosermo, di antaranya lewat program Surabaya Smart City (SSC) dan pemberdayaan kampung. Dukungan memang harus diberikan pada orang yang sudah benar-benar bekerja," ujarnya.

Deklarasi pada Minggu (2/2) bahkan langsung dua kampung sekaligus. Yakni, Kampung Margorejo Indah dan Simomulyo. Sri Wilujeng, salah seorang aktivis lingkungan hidup di Margorejo menyatakan, Surabaya butuh sosok yang benar-benar bekerja.

Selain berdampak nyata, kata dia, mental pemimpin seperti ini bisa menginspirasi dan menggerakkan warga. "Karena itu penerus Bu Risma ya harus orang yang doyan kerja kayak beliau. Yang paling pas ya Pak Eri karena sudah lama menemani Risma terjun lapangan," ujarnya.


Baca juga: PPP instruksikan kadernya menangkan Machfud di Pilkada Surabaya

Baca juga: Rais Aam PBNU : Surabaya butuh sosok pemimpin seperti Machmud Arifin

Baca juga: Machfud Arifin dapat dukungan Habib Zein maju Pilkada Surabaya

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tiga balon perseorangan serahkan dukungan Pilkada Surabaya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar