Tenis

Djokovic semangati Thiem setelah duel final Australia Open 2020

Djokovic semangati Thiem setelah duel final Australia Open 2020

Petenis Serbia Novak Djokovic memegang piala juara tunggal putra Australia Terbuka 2020 saat sesi pemotretan di Royal Botanic Gardens Victoria, Melbourne, Australia, Senin (3/2/2020). ANTARA FOTO/ REUTERS/Hannah Mckay/aww.

Jakarta (ANTARA) - Pemenang Australia Open 2020 Novak Djokovic memberikan semangat dan motivasi kepada lawannya yaitu Dominic Thiem (Austria) setelah memberikan permainan terbaiknya pada babak final turnamen Grand Slam pembuka tahun ini.

"Saya mengucapkan selamat kepada Thiem atas turnamen yang hebat ini. Saya cukup beruntung malam ini setelah melewati pertandingan sulit, kamu (Thiem) cukup dekat dengan kemenangan dan tentu masih memiliki banyak waktu untuk berkembang di karirmu. Saya yakin kamu akan mendapatkan piala Grand Slammu sendiri. Lebih dari satu," kata Djokovic, dilansir dalam laporan atptour.com, Senin.

Petenis asal Serbia ini mengalahkan Thiem 6-4, 4-6, 2-6, 6-3, 6-4 dalam pertandingan di Rod Laver Arena Melbourne, Minggu, selama empat jam lebih. Selain membawa pulang piala kedelapannya di Australia Open, ia juga kembali menduduki peringkat satu petenis terbaik dunia melalui kemenangan ini.

Baca juga: Novak Djokovic juara Australia Open 2020

Kemenangan ini juga menambah gelar Grand Slam Djokovic menjadi 17, di posisi ketiga setelah Rafael Nadal dengan 19 gelar dan Roger Federer 20 gelar.

Setelah pertandingan ini Djokovic akan menikmati kesempatan kelimanya menduduk peringkat satu serta pekan ke 267 di peringkat teratas ini. Ia berada di posisi ketiga sebagai petenis yang menjalani pekan terlama sebagai peringkat satu, setelah Pete Sampras (286 pekan) dan Roger Federer (310 pekan).

Sedangkan Thiem, untuk ketiga kalinya kembali menjadi runner-up di tiga ajang Grand Slam yang pernah ia mainkan. Dua sebelumnya yaitu di Roland Garros (French Open) 2018-2019, ia ditundukkan Rafael Nadal (Spanyol) di babak final.

"Selamat untuk Novak, sebuah capaian yang hebat. Berkatmu dan dua petenis lainnya (Nadal dan Roger Federer) telah membawa tenis putra ke dalam tingkatan yang baru, dan saya bangga bisa berkompetisi dan menjadi bagian dari ini. Saya merasa sedih dengan kekalahan ini tapi saya harap bisa membalaskannya di waktu dekat," Thiem menuturkan.

Baca juga: Sofia Kenin juara baru Australia Open

Baca juga: Alex Kenin, dari supir taksi jadi pelatih juara Grand Slam

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tenis Ganda Campuran menjadi penutup yang manis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar