PMI siap kirim 70 ribu masker ke Natuna dan Hong Kong

PMI siap kirim 70 ribu masker ke Natuna dan Hong Kong

Kardus-kardus berisi bantuan masker yang akan dikirim ke Pulau Natuna, Kepulauan Riau, dan Hong Kong, China, di gudang regional PMI. (HO PMI)

Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) siap mengirim 70 ribu masker ke Pulau Natuna di Provinsi Kepulauan Riau dan Hong Kong, daerah administratif khusus di China, untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran virus corona baru (2019-nCov), yang telah menimbulkan wabah di bagian wilayah China dan menyebar ke sejumlah negara.

Sekretaris Jendral PMI Sudirman Said memerinci, 20 ribu masker akan dikirim ke Natuna dan 50 ribu masker akan dikirim ke Hong Kong sesuai dengan permintaan bantuan dari Palang Merah Hong Jong.

"Hong Kong merupakan negara terdekat dengan China sementara Natuna merupakan tempat isolasi warga Indonesia yang baru pulang dari Wuhan, maka dari itu dalam mencegah meluasnya corona kami mendistribusikan masker," katanya di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, bantuan masker yang sudah disiapkan di gudang regional PMI di Serang, Banten, akan dikirim ke Natuna dan Hong Kong menggunakan pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta.

Guna mendukung upaya pencegahan penyebaran virus corona baru, ia menjelaskan, PMI menggerakkan seluruh relawan untuk mendukung upaya pemerintah melakukan mitigasi risiko serta berkoordinasi dengan Federasi Palang Merah Internasional (IFRC).

"PMI dan perhimpunan nasional Palang Merah dan Bulan Sabit merah yang ada di dunia terus memantau dengan ketat perkembangan situasi pandemik corona," kata Sudirman.

Baca juga:
PMI kirim 20 ribu masker ke Pulau Natuna
WNI yang diobservasi di Natuna diperiksa kesehatannya dua kali sehari

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar