Semua warga Brazil di kawasan itu, yang ingin kembali ke Brazil, akan dibawa pulang,
Sao Paulo (ANTARA) - Pemerintah Brazil sedang merancang rencana untuk mengevakuasi para warga negaranya dari Provinsi Hubei di China, pusat wabah virus corona, kata Presiden Jair Bolsonaro dalam pernyataan pada Minggu (2/2).

"Semua warga Brazil di kawasan itu, yang ingin kembali ke Brazil, akan dibawa pulang," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Pernyataan juga menyebutkan bahwa mereka yang kembali dari sana akan dikarantina selama waktu tertentu.

Menurut pernyataan itu, Angkatan Udara Brazil sedang mengatur rencana tersebut, yang kemungkinan akan melibatkan pesawat-pesawat sewaan.

Pekan lalu, Bolsonaro mengatakan pemulangan warga Brazil dari kawasan itu tidak akan "menguntungkan" karena bisa menimbulkan risiko bagi penduduk di Tanah Air.

Ia juga menyebutkan soal biaya pelaksanaan evakuasi serta menyatakan bahwa undang-undang Brazil kemungkinan tidak akan melingkupi langkah untuk mengarantina orang.

Namun, Bolsonaro tampak melunakkan sikapnya. Pada akhir pekan, sejumlah warga Brazil di Wuhan, Ibu Kota Provinsi Hubei, mengunggah video yang berisi permintaan kepada sang presiden untuk membawa mereka keluar dari daerah itu.

Di Brazil, ada 16 dugaan kasus virus corona, tapi belum ada orang yang dipastikan tertular.

Sumber: Reuters

Baca juga: China kecam pembatasan perjalanan terkait virus corona
Baca juga: Selandia Baru larang masuk orang asing dari wilayah China

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020