Antisipasi penyebaran virus corona, Korem Gapo gelar sosialisasi

Antisipasi penyebaran virus corona, Korem Gapo gelar sosialisasi

Korem 044/Gapo, Palembang, Sumsel, melakukan sosialisasi virus corona kepada prajurit dan PNS di lingkup Korem Gapo. (FOTO ANTARA/HO-Penrem 044/Gapo).

Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona Detasemen Kesehatan (Denkes) 02.04.04 Palembang menyelenggarakan sosialisasi mengenai virus corona
Palembang (ANTARA) - Jajaran Korem 044/Garuda Dempo (Gapo) Palembang, Sumatera Selatan melaksanakan sosialisasi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang sekarang ini sudah banyak menelan korban di berbagai negara.

"Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona Detasemen Kesehatan (Denkes) 02.04.04 Palembang menyelenggarakan sosialisasi mengenai virus corona ," kata Komandan Denkes Palembang Letkol (Ckm) dr Machnizar, SP.Kj melalui Mayor (Ckm) dr Wulan di Palembang, Selasa.

Sosialisasi tersebut diberikan kepada seluruh prajurit dan PNS jajaran Korem 044/Gapo, bertempat di Balai Prajurit Makorem.

Ia menjelaskan gejala yang disebabkan virus ini menyebabkan penderita mengalami demam tinggi, batuk, dan gangguan pernafasan. Virus ini sebenarnya telah lama ditemukan, namun pertama kalinya virus ini mulai mencuat di Wuhan, China akhir Desember lalu.

Virus corona itu, katanya, banyak terdapat dari hewan liar jenis ular dan kelelawar, yang mana dagingnya dikonsumsi manusia yang tidak dikelola dengan secara benar/matang.

“Penularan virus corona juga bisa melalui udara dan sentuhan langsung dengan penderita yang sudah terjangkit virus corona. Cara menghindarinya yakni dengan mencuci tangan terutama saat makan, menjaga kebersihan, berolahraga, menggunakan masker, dan banyak mengkonsumsi buah serta sayuran,” kata dia.

Menurut dia virus ini menyebar seperti virus influenza pada umumnya seperti melalui batuk dan bersin mereka yang terinfeksi, juga bisa terjadi lewat sentuhan tangan, atau bagian lain yang umum disentuh oleh penderita.

"Virus corona mempunyai gejala mirip dengan flu biasa gejala lainnya pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala dan demam," katanya.

Bagi orang yang sistem kekebalan tubuhnya sedang lemah, misalnya orang tua dan anak-anak, kata dia, virus ini bisa menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang lebih serius, mulai dari pneumonia sampai bronchitis.

"Kiat pencegahan penyakit kronis di antaranya menerapkan pola hidup yang sehat dengan memakan makanan yang sehat, berolahraga secara rutin agar daya tahan/imunitas tubuh tetap prima," demikian Wulan.

Baca juga: Pemindai suhu tubuh untuk antisipasi virus corona dipasang di Sumsel

Baca juga: Semua puskesmas di Sumsel diminta amati gejala virus corona

Baca juga: Bandara Palembang pasang pemindai suhu, cegah Virus Corona

 

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

AUMR, Robot yang akan jadi lawan tangguh COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar