Bursa Saham Australia dibuka datar, di tengah dukungan beragam

Bursa Saham Australia dibuka datar, di tengah dukungan beragam

FILE FOTO: Seorang investor berdiri di depan papan yang memperlihatkan harga saham di Australian Securities Exchange (ASX) di Sydney, Australia. ANTARA/REUTERS/David Gray/am.

Data manufaktur global yang lebih baik dari perkiraan mengangkat saham-saham di perdagangan Eropa dan AS
Sydney (ANTARA) - Saham-saham di Australia dibuka datar pada perdagangan Selasa pagi, ketika musim pelaporan perusahaan domestik sedang berlangsung di tengah-tengah serangkaian dukungan beragam dari pasar internasional.

Pada pembukaan perdagangan, indeks acuan S&P/ASX 200 turun tipis 1,40 poin atau 0,020 persen pada 6.921,90 poin, sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas sedikit melemah 0,40 poin atau 0,005 persen pada 7.019,50 poin.

"Data manufaktur global yang lebih baik dari perkiraan mengangkat saham-saham di perdagangan Eropa dan AS," kata Kepala Strategi Pasar CMC Markets, Michael McCarthy kepada investor dalam catatan pagi.

Baca juga: Wall Street berakhir lebih tinggi, saham Nike dan Microsoft melambung

"Indeks manufaktur untuk Januari dari China, Italia, Prancis, Jerman, Inggris, dan AS semuanya mengalahkan perkiraan."

"Obligasi dan emas naik tipis dari tertinggi baru-baru ini, meskipun tembaga melanjutkan penurunan dua minggu dan minyak mentah lebih lanjut turun 2,0 persen."

Baca juga: Harga emas kembali turun 5,5 dolar, tertekan penguatan greenback

Di sektor keuangan, saham bank-bank besar Australia melemah dengan Commonwealth Bank turun 0,60 persen, Westpac Bank turun 1,27 persen dan National Australia Bank turun 0,04 persen, namun ANZ naik 1,07 persen.

Saham-saham pertambangan merosot dengan BHP turun 0,68 persen, Rio Tinto turun 0,70 persen, Fortescue Metal turun 0,41 persen dan penambang emas Newcrest turun 2,00 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas berkurang dengan Woodside Petroleum turun 0,89 persen, Santos turun 0,61 persen dan Oil Search turun 2,53 persen.

Jaringan supermarket terbesar di Australia menguat dengan Coles Group naik 0,73 persen dan Woolworths naik 0,53 persen.

Sementara saham raksasa telekomunikasi Telstra naik 0,13 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas menguat 1,49 persen dan perusahaan biomedis CSL terangkat 0,76 persen.

Baca juga: Dolar menguat ditopang data positif ekonomi AS

Baca juga: IHSG ditutup 55,88 poin, investor masih khawatir dampak Virus Corona



 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden buka perdagangan perdana, IHSG menguat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar