Puspenerbal evakuasi pesawat di areal pertambakan Sidoarjo

Puspenerbal evakuasi pesawat di areal pertambakan Sidoarjo

Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin bersama dengan anggota Puspenerbal usai meninjau proses evakuasi pesawat yang mendarat darurat di areal pertambakan wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. ANTARA/Indra Setiawan/am.

Bagian-bagian pesawat itu dipisah-pisah untuk memudahkan proses evakuasi
Sidoarjo (ANTARA) - Anggota Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) melakukan evakuasi pesawat latih Tobago yang melakukan pendaratan darurat di areal pertambakan wilayah Candi, Kabupaten, Sidoarjo, Jawa Timur.

Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin, saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Selasa mengatakan, evakuasi itu dilakukan dengan melibatkan 30 orang anggota dengan dibantu masyarakat.

"Bagian-bagian pesawat itu dipisah-pisah untuk memudahkan proses evakuasi," katanya di sela melakukan proses evakuasi di Sidoarjo.

Baca juga: Pesawat latih Tobago mendarat darurat di areal pertambakan Sidoarjo

Ia mengemukakan, setelah pesawat itu berhasil dipisah-pisah selanjutnya akan dibawa menggunakan perahu, untuk selanjutnya dibawa ke markas Puspenerbal.

"Dari situ kami akan melihat proses investigasi penyebab terjadinya peristiwa itu," ucapnya.

Ia meyakinkan, jika proses evakuasi berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala berarti, karena mendapatkan bantuan dari masyarakat.

Baca juga: Pesawat latih militer Aljazair jatuh, 2 pilot tewas

"Kami menggunakan perahu milik kami dan juga menggunakan menggunakan perahu masyarakat setempat," ujarnya.

Sebelumnya, sebuah pesawat latih jenis Tobago mendarat darurat di areal pertambakan yang ada di sekitar wilayah Kecamatan, Candi, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (4/2) sekitar pukul 13.10 WIB.

"Memang benar sekitar pukul 13.10 WIB pesawat latih kami Tobago T2405 mendarat darurat dan alhamdulillah instruktur dan siswanya selamat. Saat ini kami lakukan evakuasi untuk pesawat dan dilakukan investigasi selanjutnya," katanya.

Baca juga: KNKT masih kumpulkan data terkait pesawat latih jatuh di Indramayu

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Operasi kemanusiaan Yontaifib saat evakuasi Sriwijaya Air SJ-182

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar