pertemuan dengan maskapai dalam dan luar negeri itu besok
Bogor (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku masih akan membahas soal penghentian sementara penerbangan dari dan ke China yang rencananya akan dimulai pada Rabu (5/2).

"Ya pertemuan dengan maskapai dalam dan luar negeri itu besok," kata Budi Karya di Istana Bogor, Selasa, usai menghadiri rapat terbatas mengenai kesiapan menghadapi dampak virus corona, yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa pemerintah akan menghentikan sementara penerbangan langsung dari dan ke China daratan sejak Rabu (5/2) pukul 00.00 WIB.

Baca juga: Menhub pastikan penerbangan terakhir dari China angkut semua WNI

Menurut Budi, dalam 1 tahun setidaknya ada sekitar 2,1 juta warga China yang datang ke Indonesia, begitu pula dari Indonesia ke China.

Pemerintah juga akan membatasi semua pendatang yang baru tiba dari China daratan dan mereka yang sudah berada di sana selama 14 hari tidak diperbolehkan untuk masuk maupun transit di Indonesia.

Kebijakan lain yang diambil adalah pelarangan impor hewan hidup dari China seperti kura-kura, ular maupun jenis reptil lainnya. Masih ada juga kebijakan penghentian sementara bebas visa kunjungan maupun "visa on arrival" untuk warga China daratan serta meminta WNI untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke China daratan.

"Kita secara informal sudah memberikan arahan kepada untuk memberikan satu solusi kepada 'customer'. Pasti mereka (maskapai penerbangan) punya cara sendiri-sendiri, nantinya kita bisa arahkan, tapi sementara kita serahkan ke maskapai," tambah Budi.

Baca juga: Kemenhub bahas dampak ekonomi akibat penundaan penerbangan ke China

Sedangkan untuk ribuan WNI yang masih berada di China daratan dan ingin pulang ke Indonesia tapi tidak bisa pulang karena pembatasan terbang tersebut, Budi mengaku juga masih melakukan pendataan.

"Sebenarnya kita sudah kasih waktu mereka (WNI di China) sampai nanti malam. Tadi arahannya nanti yang masih belum bisa pulang kita bahas lagi, kami akan menginventarisir datanya," ungkap Budi.

Menhub juga membuka kemungkinan WNI dapat pulang ke Indonesia melalui negara ketiga.

"Itu solusi, tapi ada syarat-syaratnya di negara-negara itu, termasuk syarat itu yang harus kita bahas," ungkap Budi.

Baca juga: Kemenhub kaji skenario penerbangan kargo dari China

Sedangkan untuk penerbangan kargo, Budi juga belum punya jawaban final.

"Kargo sedang dipikirkan, pada dasarnya kan barang itu enggak ada masalah. Jadi yang sedang kita akan finalisasikan itu barang tetap bisa jalan tapi awak pesawatnya itu tidak turun atau awak kapalnya turun dan kita periksa," tambah Budi.

Atas kebijakan-kebijakan tersebut, Duta Besar Cina untuk Indonesia, Xiao Qian, memperingatkan Indonesia untuk tidak bertindak berlebihan dalam menanggapi penyebaran virus corona.

"Kan yang kita lakukan ini sama yang diberlakukan oleh negara-negara lain. Kita sebetulnya sangat hati-hati untuk melakukan itu," kata Budi menanggapi protes Dubes China.

Baca juga: Presiden: Penundaan penerbangan langsung dari RRT mulai Rabu pekan ini
Baca juga: Kemenhub tunda sementara penerbangan dari dan ke China

 

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020