New York (ANTARA) - Mata uang safe haven, yen Jepang dan franc Swiss, tergelincir untuk sesi kedua berturut-turut terhadap dolar AS pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), menyusul upaya pemerintah China mengendalikan virus corona dan membatasi kejatuhan ekonominya.

Yen mencatat penurunan harian tertajamnya terhadap dolar dalam hampir enam bulan, sementara franc Swiss mengalami penurunan persentase harian terbesar dalam lebih dari sebulan.

Mata uang Jepang dan franc Swiss cenderung menguntungkan pada saat terjadi ketegangan global, tetapi mereka biasanya tertekan ketika sentimen risiko membaik.

Baca juga: Dolar menguat ditopang data positif ekonomi AS

Sebaliknya, mata uang terkait komoditas seperti dolar Australia dan Selandia Baru bersama dengan yuan China di pasar luar negeri (offshore) menguat, bahkan ketika virus tetap menjadi ancaman.

Bank sentral China, People’s Bank of China (PBOC), telah menyuntikkan ratusan miliar dolar ke dalam sistem keuangan pada pekan ini, untuk meredam dampak ekonomi yang berpotensi merugikan. Dalam dua hari terakhir, PBOC telah menyuntikkan 1,7 triliun yuan (242,74 miliar dolar AS) melalui operasi pasar terbuka.

"Ada sedikit optimisme tentang injeksi PBOC ke pasar," kata Mazen Issa, ahli strategi senior valuta asing di TD Securities di New York.

“Ini adalah sinyal kuat bahwa China bersedia mendukung pasar keuangan dalam hal untuk membatasi penularan virus. Tapi ini jangka pendek dan tidak melakukan apa-apa terhadap gangguan rantai pasokan,” tambahnya.

Baca juga: 'Safe-haven' yen, franc melonjak dipicu kekhawatiran virus corona

Namun, jumlah kematian dari epidemi virus naik menjadi 427, menginfeksi 20.438 di China. Ada hampir 200 kasus di tempat lain di 24 negara. Juga, wabah itu diperkirakan akan berdampak buruk pada pertumbuhan kuartal pertama, kata sumber-sumber kebijakan.

Dalam perdagangan sore, dolar menguat 0,8 persen terhadap yen menjadi 109,51 yen, dan naik 0,4 persen terhadap franc Swiss menjadi 0,9690 franc.

Keuntungan terhadap yen dan franc membantu mendorong indeks dolar lebih tinggi ke 97,952, atau naik 0,2 persen pada hari itu.

Dalam politik AS, para pejabat Partai Demokrat menyalahkan "ketidakkonsistenan" atas keterlambatan hasil kaukus Iowa. Kemenangan oleh Bernie Sanders atau Elizabeth Warren yang berhaluan kiri dapat menekan saham dan meningkatkan mata uang safe-haven.

Baca juga: Dolar turun terhadap yen, investor cari tempat aman karena virus China

Euro, sementara itu, tergelincir 0,2 persen terhadap dolar AS menjadi 1,1040 dolar AS per euro.

Dolar Australia menguat 0,6 persen menjadi 0,6735 dolar AS, menjauh dari level terendah sepuluh setengah tahun 0,6670 dolar AS yang disentuh Oktober lalu, setelah bank sentral Australia, Reserve Bank of Australia, mempertahankan suku bunga utamanya tidak berubah pada 0,75 persen.

Yuan di luar negeri menguat terhadap dolar, yang turun 0,3 persen menjadi 6,9935 yuan per dolar AS.

Di tempat lain, sterling rebound dari level terendah hampir enam minggu terhadap dolar AS menjadi diperdagangkan 0,4 persen lebih tinggi pada 1,3038 dolar AS. Sterling telah di bawah tekanan dari kekhawatiran atas Brexit yang keras di tengah sikap keras yang diambil oleh Perdana Menteri Boris Johnson pada pembicaraan perdagangan Uni Eropa.

Baca juga: Gara-gara virus China, yuan melemah dan mata uang "safe-haven" menguat

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020