Jakarta (ANTARA) - Birmingham City dan Reading lolos ke-16 besar Piala FA setelah menaklukkan lawan-lawannya dengan adu penalti pada pertandingan ulang mereka Rabu pagi WIB. Kedua tim sama-sama menang 4-1 dalam adu penalti setelah sampai 120 menit imbang dengan lawan-lawannya.

Newcastle United juga dipaksa bermain sampai 2x15 menit babak tambahan oleh Oxford United namun tidak sampai adu penalti, sebelum lolos ke-16 besar Piala FA menyusul Liverpool dan Derby County yang juga menggelar pertandingan ulangan pada hari yang sama.

Tuan rumah Birmingham dipaksa Coventry City 1-1 sampai 90 menit waktu normal, setelah gol Amadou Bakayoko pada menit ke-50 disamakan oleh Harlee Dean pada menit 90+2.

Kedua tim sama-sama mencetak satu gol lagi pada 2x15 menit tambahan, ketika Maxime Biamou mencetak gol untuk Birmingham pada menit 114 namun disamakan oleh Jeremie Bela pada menit ke-120.

Baca juga: Gol bunuh diri antar tim muda Liverpool ke 16 besar Piala FA
Baca juga: Chelsea berpotensi tantang Liverpool di putaran kelima


Pertandingan harus dilanjutkan ke adu penalti, dan empat penendang Birmingham sukses melakukan tugasnya, sebaliknya hanya satu penendang Coventry yang memasukkan bola ke gawang Birmingham.

Sebaliknya tuan rumah Cardiff City menyerah 1-4 dalam adu penalti melawan Reading setelah sampai 120 menit bertanding tetap seri 3-3.

Josh Murphy pada menit ke-19 dan Robert Glatzel pada menit ke-54 membawa Cardiff memimpin 2-0 sampai menit ke-69 ketika Omar Richards mempersembahkan gol pertama Reading dalam laga ini.

Baca juga: Maguire cetak gol saat MU gasak Tranmere 6-0 dalam Piala FA

Andy Rinomhota kemudian memaksa pertandingan dilanjutkan ke 2x15 menit babak tambahan berkat golnya pada menit ke-79 yang membuat kedudukan 2-2.

Pada 2x15 babak tambahan, kedua tim sama-sama menciptakan satu gol lagi. Murphy kembali menciptakan gol pada menit ke-93, tapi empat menit sebelum babak tambahan selesai Yakou Meite memaksa laga ini ditentukan lewat adu penalti.

Reading melenggang ke-16 besar setelah empat penendangnya sukses menjadi algojo, sebaliknya Cardiff yang sempat dua kali unggul dalam laga ini hanya berhasil pada satu tendangan penalti.

Newcastle juga lolos ke-16 besar setelah menang 3-2 sampai 2x15 menit babak tambahan.

Sean Longstaff dan Joelinton sudah membawa Newcastle unggul 2-0 sejak menit ke-30 babak pertama. Namun dua gol menit-menit terakhir dalam kurun 10 menit membuat pertandingan ini dilanjutkan ke babak tambahan setelah Liam Kelly pada menit 84 dan Nathan Holland pada menit 90+4 membuat kedudukan imbang 2-2.

Allan Saint-Maximin akhirnya mengembalikan hak Newcastle untuk lolos ke 16 besar kompetisi ini setelah menciptakan gol penting pada menit ke-116.

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020