Batam (ANTARA News) - Sebanyak 5.328 jemaah haji asal Provinsi Kepulauan Riau sudah kembali ke tanah air melalui Debarkasi Hang Nadim Batam.

"Hingga kloter ke-12 yang tiba hari ini sebanyak 5.328 orang jamaah haji telah tiba di Debarkasi Batam dalam keadaan baik," kata Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Debarkasi Hang Nadim Batam Erizal Abdullah di Batam, Kamis.

Sedangkan haji dari Kalimantan Barat (Kalbar) dan Jambi yang seluruhnya tergabung dalam kelompok terbang empat belas sampai dua puluh dua tiba di tanah air mulai Senin (28/12) hingga 5 Januari 2008.

"Sampai saat ini kita masih memulangkan jemaah Riau ampai Ahad depan," kata Erizal.

Sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing setiap haji Debarkasi Hang Nadim Batam, kecuali asal Batam, menginap di Asrama Haji Batam semalam.

Pemulangan haji dari Asrama Haji Batam dilakukan dengan dua cara, melalui laut dan udara.

Sementara itu, sekitar 440 haji yang tergabung dalam Kloter sebelas asal Kabupaten Indra Giri Hilir dan Bengkalis, Riau diberangkatkan menggunakan kapal fery dari Pelabuhan Sekupang Batam menuju daerah masing-masing.

Meski cuaca tidak bersahabat, namun Erizal mengatakan gelombang laut terbilang aman untuk perjalanan ke Indra Giri Hilir dan Bengkalis.

"Kami mengantisipasi semuanya, kalau memang gelombang laut tinggi, tidak akan diberangkatkan, namun ternyata masih aman," kata Erizal.

Ia menyatakan PPIH berkoordinasi penuh dengan pihak pelabuhan dan jasa transportasi laut demi keamanan jemaah yang dipulangkan dari Batam.

"Setiap hari kita brkoorinasi, kalau memang cuaca tidak memungkinkan, kepulangan jamaah kami tunda," katanya menegaskan.

Sejak Rabu (24/12) hingga Kamis siang, Batam diguyur hujan dan ditiup angin kencang hingga dikhawatirkan membahayakan perjalanan melalui laut.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2008