Kami belum mendengar adanya persiapan untuk memastikan ketersediaan pangan yg penting menghadapi Ramadhan
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR RI Deddy Yevri Sitorus mengingatkan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto agar mempersiapkan ketersediaan pangan menjelang Ramadhan tahun ini yang jatuh pada April 2020.

Deddy mengatakan, hingga saat ini belum ada informasi dari Kemendag terkait antisipasi ketersediaan stok pangan menghadapi Ramadhan yang semakin dekat.

“Kami belum mendengar adanya persiapan untuk memastikan ketersediaan pangan yg penting menghadapi Ramadhan. Kabarnya karena sampai saat ini belum ada permintaan atau rekomendasi dari Kementerian Pertanian tentang stok pangan Ramadhan,” kata Deddy lewat keterangannya di Jakarta, Rabu.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan itu menyampaikan, Mendag Agus dan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga perlu berbagi tugas untuk konsolidasi di internal Kemendag serta koordinasi dengan kementerian/lembaga dan mitra kerja lainnya untuk menjaga kebutuhan pangan saat Ramadhan.

“Harusnya Mendag dan Wamendag ini kan bersinergi, saling menguatkan kinerja, berkonsolidasi dengan para pemangku kepentingan untuk mengendalikan stok dan harga pangan. Jangan sampai orang menganggap Mendag dan Wamendag tidak harmonis,” ujar Deddy.

Politisi PDI Perjuangan itu melanjutkan, hingga saat ini Kemendag belum menyampaikan rencana pelaksanaan program kerjanya, khususnya dalam rangka menyambut Ramadhan.

Hal tersebut, lanjut Deddy, berkaitan dengan adanya masukan agar program revitalisasi pasar desa yang dibutuhkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Terlebih, menurut Deddy beberapa harga bahan pokok sudah mulai merangkak naik.

“Program kerja belum ada yang jalan secara efektif. Padahal ini penting untuk menghindari kegaduhan terkait pasokan kebutuhan pangan selama Ramadan nanti,” ungkap Deddy.

Baca juga: Kemendag temukan harga kebutuhan mulai naik di Pasar Kiaracondong
Baca juga: Kemendag dan Pemprov Papua Barat koordinasi ketersediaan bahan pokok


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020