Kemarin, Garuda siap evakuasi WNI hingga Jokowi lantik Kepala BPKP

Kemarin, Garuda siap evakuasi WNI hingga Jokowi lantik Kepala BPKP

Maskapai Garuda Indonesia bersiap mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (23/1/2020). Presiden meresmikan dokumentasi foto - sejumlah fasilitas yaitu landasan pacu tiga Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), East Connection Taxiway (ECT), terminal tiga dan gedung VIP Bandara Soekarno-Hatta. FOTO ANTARA/Puspa Perwitasari/foc. (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)

Sekarang dengan adanya virus corona, tentu akan berpengaruh pada sektor industri.
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (5/2) kemarin, mulai dari kesiapan Garuda evakuasi WNI di luar Wuhan hingga Jokowi lantik Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh.

1. Garuda siap evakuasi WNI di luar Wuhan, untuk kembali ke Tanah Air PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyatakan kesediaannya untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari sejumlah provinsi di China selain Hubei untuk kembali ke Tanah Air.

"Kalau pemerintah minta ke Garuda untuk evakuasi WNI dari kota lain di China, Garuda siap," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra ditemui usai rapat kerja (raker) Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan DPR di Jakarta Rabu.

Baca selengkapnya di sini
Baca juga: Evakuasi WNI dari Wuhan, Menkes lanjutkan sosialisasi ke daerah asal


2. Pesawat kargo dari China wajib diparkir di area terisolasi

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan memperketat penerbangan kargo dari China dengan mengeluarkan surat edaran yang salah satu butirnya menyebutkan bahwa pesawat kargo dari China harus ditempatkan di area khusus dan terisolasi.

"Setelah kami melakukan penghentian sementara penerbangan internasional dari dan ke China kecuali Hong Kong dan Macau, kami juga melakukan penanganan terhadap pesawat khusus kargo dari China. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipatif untuk mencegah masuknya virus corona ke Indonesia," jelas Novie.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: Kemenhub kaji skenario penerbangan kargo dari China


3. Luhut sebut ada corona, tahun 2020 tumbuh 5 persen sudah bagus

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menilai dengan adanya wabah virus corona, apabila perekonomian pada 2020 masih bisa tumbuh di kisaran lima persen, sudah menjadi pencapaian yang bagus.

"Tahun ini saya kira ya kita lihat lah, kalau kita bisa lima persenan sedikit dengan corona virus ini, sudah bagus," ujar Luhut usai menjadi pembicara kunci dalam Mandiri Investment Forum (MIF) di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: Presiden bersyukur pertumbuhan ekonomi 5,02 persen meski melambat


4. Menperin sebut virus corona beri dampak terhadap sektor manufaktur

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa munculnya virus corona bisa memberikan dampak terhadap pertumbuhan industri pengolahan dalam jangka pendek.

"Sekarang dengan adanya virus corona, tentu akan berpengaruh pada sektor industri," kata Agus Gumiwang saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini
Baca juga: Menperin targetkan manufaktur tumbuh 5,3 persen melalui pembenahan

5. Presiden Jokowi lantik Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh

Presiden Joko Widodo melantik Muhammad Yusuf Ateh sebagai Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di Istana Negara Jakarta, Rabu.

Presiden melantik Muhammad Yusuf Ateh berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 29/TPA Tahun 2020 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Baca selengkapnya di sini
Baca juga: Presiden pastikan WNI positif corona di Singapura didampingi KBRI

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Garuda akan pangkas penerbangan ke Arab Saudi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar