Sydney (ANTARA) - Bursa saham Australia telah dibuka naik tajam pada perdagangan Kamis pagi, dengan lonjakan harga-harga komoditas industri memicu investor lokal memburu saham-saham terkait.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 55,00 poin atau 0,79 persen pada 7.031,10 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 52,80 poin atau 0,75 persen pada 7.133,70 poin.

"Saham-saham dan komoditas industri penting naik dalam perdagangan semalam, karena PMI jasa-jasa menunjukkan ekspansi ekonomi di ekonomi utama. Pasar saham Jerman, Prancis, dan Inggris berada dalam beberapa persen dari tertinggi sepanjang masa, serta indeks S&P 500 dan Komposit Nasdaq AS mencatat rekor baru," kata Kepala Strategi Pasar CMC Markets, Michael McCarthy kepada investor dalam sebuah catatan pagi.

"Pihak berwenang di Beijing mengumumkan pemotongan biaya dan pajak, dan dukungan bagi bank, sebagai tanggapan atas dampak ekonomi dari wabah virus corona."

"Tembaga mengakhiri penurunan terburuknya, reli hampir 2,0 persen setelah turun selama 14 hari berturut-turut. Minyak mentah juga naik, meskipun ada peningkatan persediaan AS."

Baca juga: Pasar saham Australia melonjak ditopang 'rebound' pasar global

Dengan meningkatnya komoditas-komoditas industri yang menunjukkan peningkatan kepercayaan tentang pandangan permintaan global, McCarthy menambahkan bahwa pasar berjangka menunjuk ke pembukaan kuat di Australia, Jepang dan China hari ini.

"(Namun), laporan yang belum dikonfirmasi tentang penyembuhan untuk virus corona yang baru ditemukan mungkin memainkan peran dalam kenaikan semalam."

"Pasar sekarang menilai dampak sementara dan kecil dari wabah itu. Setiap bukti yang bertentangan dapat melihat sentimen berbalik tajam."

Baca juga: Dukungan lemah ketika pasar AS tutup, saham Australia dibuka turun

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia menguat dengan Commonwealth Bank naik 0,59 persen, Westpac Bank naik 1,17 persen, National Australia Bank naik 1,09 persen dan ANZ naik 0,78 persen.

Saham-saham pertambangan bertambah dengan BHP naik 1,16 persen, Rio Tinto naik 0,73 persen dan Fortescue Metals naik 0,76 persen, namun penambang emas Newcrest turun 0,41 persen.

Baca juga: Pasar saham Aussie berakhir di atas 7.000 poin untuk pertama kalinya

Produsen-produsen minyak dan gas reli dengan Woodside Petroleum naik 1,79 persen, Santos naik 2,12 persen dan Oil Search naik 1,32 persen.

Jaringan supermarket terbesar di Australia juga lebih tinggi dengan Coles Group naik 1,20 persen dan Woolworths naik 1,23 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra terangkat 0,66 persen, operator nasional Qantas meningkat 1,22 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 1,00 persen.

Baca juga: Pasar saham Australia berakhir naik, saham energi pimpin kenaikan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020