BI: Optimisme konsumen tetap terjaga pada Januari 2020

BI: Optimisme konsumen tetap terjaga pada Januari 2020

Ilustrasi - Konsumen memilih cabai merah yang dijajakan pedagang di pasar tradisional Peunayong, Banda Aceh, Aceh, Senin (3/2/2020). ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/wsj. (ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRA)

Jakarta (ANTARA) - Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Januari 2020 mengindikasikan optimisme konsumen tetap terjaga, tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang tetap berada pada level optimistis (di atas 100) yakni 121,7, meskipun lebih rendah dibandingkan dengan Desember 2019 sebesar 126,4.

"Optimisme konsumen yang tetap terjaga tersebut terjadi pada seluruh kelompok pengeluaran," kata Departemen Komunikasi BI dalam info terbarunya di Jakarta, Kamis.

Dijelaskan, persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap kondisi ekonomi ke depan yang tetap baik menopang optimisme konsumen tetap terjaga.

Konsumen memandang positif kondisi ekonomi saat ini terutama dari kondisi penghasilan dan pembelian barang tahan lama. Di samping itu, konsumen tetap berekspektasi positif terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan kegiatan usaha pada enam bulan mendatang.

Menurut BI, konsumen memprakirakan tekanan kenaikan harga pada 12 bulan mendatang (Januari 2021) meningkat.

Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga 12 bulan yang akan datang meningkat dibandingkan dengan indeks pada bulan sebelumnya.

Peningkatan tekanan harga tersebut dipengaruhi oleh permintaan yang diprakirakan lebih tinggi pada tahun depan, katanya.


Baca juga: Survei BI: Optimisme konsumen akhir 2019 naik dipicu lowongan CPNS
Baca juga: Survei BI indikasikan optimisme konsumen meningkat

Baca juga: Mulai 3 Februari, BPS rilis inflasi dengan pemutakhiran pola konsumsi

Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BI optimistis pertumbuhan ekonomi Kepri kembali bangkit

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar