Jakarta (ANTARA) - Tim Partai NasDem Peduli Kesehatan membagikan 3.000 masker dan sabun antiseptik kepada para penumpang kereta api dan penumpang pesawat untuk mencegah penyebaran virus Corona tipe baru atau novel coronavirus (2019-nCoV) masuk ke Indonesia.

Pembagian masker kepada para penumpang itu dilakukan di Stasiun Gambir, Terminal 3 Kedatangan Luar Negeri Bandara Soekarno-Hatta dan kedatangan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Menkumham teken Permen soal penghentian bebas visa WNA China
Baca juga: Bea cukai Makassar waspadai pengiriman barang impor Tiongkok


"Ini merupakan salah satu upaya partai untuk melakukan pencegahan terhadap virus corona ini bersama pemerintah," kata Waketum Partai NasDem, Ahmad Ali saat pelepasan Tim NasDem Peduli Kesehatan, di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta.

Menurut dia, virus Corona yang tiba-tiba muncul dan menjadi teror bagi dunia itu harus menjadi perhatian semua komponen bangsa, meski saat ini belum ada masyarakat Indonesia yang terpapar virus Corona.

"Kita tak bisa kemudian pasrah dan berpangku tangan, Tapi kita harus bersama-sama mencegah virus corona," katanya.

Namun demikian, masyarakat tidak perlu khawatir secara berlebihan dan patut diatasi secara bersama-sama.

Ia berharap pemberian masker dan antiseptik itu dapat dilakukan oleh seluruh DPW di Indonesia hingga virus itu bisa diatasi.

Di tempat yang sama, Ketua Bidang Kesehatan DPP Partai NasDem Okky Asokawati menambahkan, sebanyak 3.000 masker akan dibagikan secara cuma-cuma kepada para penumpang kereta api dan penumpang pesawat.

"Kita juga akan memberikan sabun antiseptik kepada para penumpang," katanya.

Menurut dia, turunnya tim NasDem Peduli Kesehatan ini untuk membantu masyarakat dalam mencegah penyebaran virus Corona.

"Saya melihat bahwa kita sedang mengalami kekhawatiran terhadap penyebaran virus Corona. Namun, di Indonesia belum ada yang terjangkit virus itu. Kita perlu upaya preventif," ujarnya.

Partai NasDem akan berusaha untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat sesuai instruksi Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"NasDem harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Jangan saat Pemilu saja," ujar Okky.

Baca juga: Lantik pengurus Garnita, Paloh: NasDem bisa dipimpin kaum perempuan
Baca juga: Politik kemarin, permasalahan Natuna sampai rakorsus Partai NasDem

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020