Kanada desak Iran kirim kotak hitam pesawat jatuh ke Prancis

Kanada desak Iran kirim kotak hitam pesawat jatuh ke Prancis

Keluarga para kru pesawat Ukraine International Airlines berdoa di depan foto para korban di Boryspil international airport, Kiev, Ukraina, Rabu (8/1/2020) waktu setempat. Pesawat Boeing 737-800 milik maskapai Ukraine International Airlines jatuh di dekat Bandara Internasional Teheran, Iran, Selasa (7/1/2020) malam waktu setempat. Sebanyak 180 orang penumpang yang mayoritas berkewarganegaraan Iran dan Kanada tewas. ANTARA FOTO/REUTERS/Valentyn Ogirenko/pras.

Ottawa (ANTARA) - Kanada pada Rabu mendesak Iran supaya mengirim kotak hitam pesawat yang jatuh ke Prancis segera, tempat data tersebut mampu dianalisis, demikian Kementerian Luar Negeri Kanada melalui pernyataan.

Otoritas penerbangan sipil Iran, Selasa, mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan negara-negara lain yang menyelidiki jatuhnya pesawat penumpang Ukraina bulan lalu. Teheran belum mengeluarkan kotak hitam tersebut.

Menteri Luar Negeri Francois-Philippe Champagne berbicara kepada mitranya Menteri Iran Mohammad Javad Zarif. Ia menekankan Teheran harus mengelola pengunduhan dan analisis perekam data penerbangan segera, bunyi pernyataan tersebut.

Champagne mengatakan opsi yang lebih dipilih yakni "agar Iran menggunakan fasilitas yang ditawarkan oleh Prancis, yang memiliki kemampuan teknis untuk mengerjakan tugas ini ", tambahnya.

Pada Januari lalu, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyebutkan kotak hitam tersebut hancur dan Prancis merupakan satu dari segelintir negara yang mampu menguraikan data tersebut.

Champagne juga mengajukan pertanyaan mengenai ganti rugi bagi keluarga dari 57 warga Kanada, yang menjadi bagian 176 korban tewas, kata pernyataan itu.

Champagne sebelumnya mengatakan kepada awak media bahwa ia bersama Menteri Transportasi Marc Garneau bertemu dengan kepala Organisasi Penerbangan Sipil Internasional pada Jumat lalu guna meminta bantuannya untuk memastikan bahwa perekam kokpit dan data penerbangan dikirim ke Prancis.

Sumber: Reuters
Baca juga: Kanada dan Iran berselisih soal hak untuk analisa kotak hitam pesawat
Baca juga: Kanada: Kotak hitam pesawat jatuh di Iran harus dikirim ke Prancis

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ratusan pencari suaka di Pekanbaru lakukan aksi damai

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar