Palembang (ANTARA) - Tim voli putra Palembang Bank Sumsel Babel optimistis dapat mengalahkan Lamongan Sadang MHS di kandang pada pertandingan putaran pertama pekan ke-3 Proliga 2020 di Palembang Sport Convention Center, Palembang, Jumat (7/2).

Pelatih Bank Sumsel Babel Mashudi di Palembang, Kamis, mengatakan optimistis itu dilatari semangat tim yang sedang menyala setelah menuai hasil kurang memuaskan di tiga pertandingan sebelumnya.

Dari tiga laga sebelumnya, Palembang Bank Sumsel (PBS) baru sekali memetik kemenangan, yakni saat menghadapi Jakarta Garuda 3-1 di Pekanbaru. Dua laga lainnya pada pekan lalu, PBS tumbang di tangan Surabaya Bhayangkara Samator (SBS) 2-3 dan Jakarta Pertamina Energi (JPE) 1-3 di Purwokerto.

Baca juga: Bandung bjb Tandamata optimistis petik hasil maksimal

“Fokus kami lawan Lamongan, jangan sampai lewat. Jika bicara persentase, bisa dikatakan 70 persen kemenangan ada di kami saat ini,” kata Mashudi.

Bukan bermaksud meremehkan, Mashudi menilai timnya jauh lebih unggul dari sisi materi pemain karena memiliki satu dari dua pemain asing, yakni Carlos Alberto Araujo Scrull, yang sudah bergabung dengan tim sejak 2017. Performa Araujo semakin membaik karena telah melebarkan sayap sebagai pemain profesional di Amerika Latin, salah satunya Chili.

Selain itu, jika berkaca pada laga melawan Surabaya Bhayangkara Samator yang nyaris menuai hasil seri, sejatinya tim BSB telah menemukan performa terbaiknya.

Baca juga: Pertamina pertimbangkan Purwokerto kembali jadi tuan rumah Proliga

“Kami nyaris saja seri lawan Samator, seperti yang diketahui selama ini, tim BSB selalu kesulitan lawan Samator, tapi malam itu kami bisa nyaris mengalahkan mereka,” katanya.

Sementara itu, Araujo mengatakan timnya sudah tidak sabar bertanding di hadapan pendukung sendiri saat berlaga di putaran pertama pekan ketiga ini.

Menurutnya, dukungan dari warga Sumsel akan memacu semangat untuk memenangkan dua pertandingan di pekan ke-3 ini, yakni melawan Lamongan Sadang MHS (7/2) dan Jakarta BNI 46 (9/2).

Baca juga: Samator taklukkan Palembang Bank SumselBabel 3-2

“Saat ini kami berada di kondisi terbaik, memang kemarin sempat kelelahan karena pertandingan melawan Pertamina dan Samator sangat berat. Tapi, recovery kurang lebih satu pekan telah mengembalikan fisik dan mental kami,” kata dia.

Dorongan agar tim "Bayi Ajaib" ini tampil maksimal juga disampaikan Dirut Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin.

Ia pun tak segan-segan akan menyuntik bonus jika tim ini menyapu bersih pertandingan di pekan ke-3 Proliga 2020.

“Olahraga tak jauh-jauh dari spirit, dan untuk memacunya bisa dari dukungan materi dan psikologis. Kami sudah siapkan itu,” kata Syamsudin.

Baca juga: JPE lawan GPJ buka Proliga 2020 Seri 2 Putaran I di Purwokerto

Kompetisi kasta tertinggi bola voli di Tanah Air Proliga 2020 akan menggelar pertandingan putaran pertama pada pekan ketiga di Palembang, 7-9 Februari di Gedung Olahraga PSCC Palembang.

Sebanyak enam tim putra dan lima putri akan saling bertarung memperebutkan posisi juara putaran pertama ini. Hingga putaran ke-2, pekan lalu di Purwokerto, Jawa Tengah, belum ada tim yang memastikan menjadi jawara di putaran pertama ini. Sementara itu, Palembang Bank Sumsel Babel berada di urutan keempat klasemen sementara.

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020