Manokwari (ANTARA) - Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar mendorong para pemuda gereja di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat mulai menggeluti dunia interpreneurship atau wirausaha.

Ia pun berharap, gereja menjadi lokomotif dalam melahirkan interpreneur muda yang siap bersaing dengan pelaku usaha di dalam dan luar negeri.

"Gereja harus jadi rumah berkat, tak hanya belajar Al Kitab. Di setiap gereja perlu ada satu ruang yang bisa kita fungsikan untuk melatih pemuda-pemuda gereja tentang ilmu berbisnis," ucap Billy dalam acara tatap muka bersama pemuda Gereja Maranatha Manokwari, Kamis.

Baca juga: Stafsus Presiden Billy usulkan program "Anak Muda Baper"

Ia pun mendorong anak-anak Papua menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Bisnis menjadi salah satu profesi yang bisa dilakoni sambil mengenyam pendidikan.

"Jadi pemuda jangan manja, mudah mengeluh, selalu menuntut dan menyalahkan pemerintah. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membangun kemandirian dia ntaranya dengan menggeluti dunia interpreneurship," katanya.

Menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo, mempersiapkan pengusaha muda terutama dari Papua akan terus didorong. Sebagai tahap awal pada 26 Februari mendatang ia akan melaunching 20 pengusaha muda.

Baca juga: Billy sumbangkan gaji staf khusus bangun "Learning Center"

"Mereka semua interpreneur-interpreneur asli Papua yang bergerak diberbagai bidang dari industri kreatif, teknologi sampai Starup," sebut Billy lagi.

Ia menargetkan, setiap tahun ada 100 pengusaha muda terlahir dari Papua. Pemuda gereja diminta mempersiapkan diri untuk membangun kesejahteraan masyarakat dari sektor wirausaha.

"Kita mengenal Ahmad Zaki yang punya bukalapak, kemudian Andi Taufan yang punya Amartha Finansial. Mereka semua anak-anak muda seusia saya dan sekarang sudah menjadi miliarder. Harus kita tunjukkan bahwa kita juga bisa seperti mereka," sebut Mambrasar lagi.

Saat ini, lanjut Billy, ia juga ditugaskan Presiden Jokowi untuk mengawal rencana pembangunan gedung yang akan menjadi pusat pendidikan dan pelatihan untuk melahirkan interpreneur-interpreneur baru di Papua. Pembangunan akan dilaksanakan di Jayapura.

Baca juga: Ulang tahun ke-32, Billy Mambrasar dapat kejutan dari Putri Tanjung
Baca juga: Billy Mambrasar pilih diomeli teman ketimbang dihujat netizen
Baca juga: Cerita Staf Khusus Presiden pernah disindir guru karena jualan

Pewarta: Toyiban
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020