Kendari (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan saat ini DPP belum mengeluarkan rekomendasi bagi kandidat yang akan diusung untuk maju dalam ajang Pilkada 2020 di tujuh kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Untuk rekomendasi DPP Demokrat, nanti ada waktunya, saat ini kita masih menunggu hasil survei dan terus melakukan penjaringan dengan baik," katanya, di Kendari, Jumat.

Baca juga: AHY: Demokrat prioritaskan kadernya bertarung di pilkada serentak 2020

AHY meminta Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat agar melakukan penjaringan dengan cermat terkait pilihan bakal calon bupati yang akan diusung untuk maju dalam Pilkada 2020.

"Secara langsung struktur partai bekerja, di DPC tentunya akan melakukan penjaringan dengan cermat terkait pemilihan calon bupati. Kemudian rekomendasi itu akan ditindaklanjuti dengan baik oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan pada akhirnya DPP," katanya.

Baca juga: Demokrat tegaskan tolak calon kepala daerah tersangkut korupsi

"Tahapannya memang seperti itu. Kita ingin meyakinkan para kader dan kesiapan untuk ikut dalam kontestasi nanti benar-benar bisa disiapkan dengan baik," kata AHY.

Ia mengatakan bahwa partainya saat ini masih mempelajari bagaimana peta politik yang ada di daerah setiap kabupaten yang bakal menggelar Pilkada serentak 2020.

"Tentu pada akhirnya, kita juga akan membangun koalisi mencari tiket untuk kontestasi. Inilah kerja politik yang akan terus dilakukan oleh para kader kami yang ada di DPD dan di DPC," kata dia.

Baca juga: AHY solidkan Demokrat hadapi pilkada di Sulbar 2020

Ia juga menyampaikan bahwa terkait pilkada di Sultra, saat ini partainya belum menentukan target, karena masih harus meyakinkan siapa calon-calon yang bakal diusung dan masih harus mengetahui bagaimana peta politik di tujuh kabupaten yang bakal menggelar Pilkada 2020.

"Kita tahu ada tujuh daerah yang akan menggelar pilkada di Sultra, saya berharap tentunya kader-kader Partai Demokrat juga bisa menyiapkan diri dengan baik, intinya harus terus kompak, harus saling mendukung satu sama lain," katanya.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020