UniMAP siap memfasilitasi mahasiswa FIKTI UMSU mengikuti magang internasional di perusahaan teknologi di Malaysia yang menjadi mitra kampus tersebut
Medan (ANTARA) - Fakulti Kejuruteraan (Teknik) Komputer dan Komunikasi Universiti Malaysia (UniMAP) di Perlis sepakat untuk melaksanakan program kredit transfer mahasiswa dengan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FIKTI) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Menurut Dekan FIKTI UMSU  Dr Akrim, S.PdI, M.Pd di Medan, Jumat menjelaskan bahwa poin kesepakatan antara dua perguruan tinggi itu dilakukan melalui diskusi yang dilanjutkan dengan penandatanganan naskah kesepahamaman (MoU) kerja sama yang ditandatangani Rektor UMSU Dr Agussani, MAP yang diwakili dirinya.dengan Dekan Fakultas Teknik Komputer dan Perhubungan UniMAP di Perlis, Malaysia , Kamis (6/2).

Menurut Akrim dengan kesepakatan pelaksanaan program kredit transfer itu maka mahasiswa FIKTI UMSU bisa mengambil masa kuliah di UniMAP, demikian pula sebaliknya.

"Dengan demikian mahasiswa bisa menimba pengalaman dan membangun jaringan komunikasi dengan sesama mahasiswa di luar negeri," katanya.

Selain kesepakatan kredit transfer, dalam diskusi dan penandatanganan MoU itu juga pihak UniMAP siap memfasilitasi mahasiswa FIKTI UMSU mengikuti magang internasional di perusahaan teknologi di Malaysia yang menjadi mitra kampus tersebut.

"UniMAP juga siap menggandeng FIKTI UMSU dalam mengikuti kegiatan ekspo inovasi sebagai sarana promosi sekaligus menunjukan kemampuan di bidang inovasi dan pengembangan teknologi informasi," kata Akrim.

Sedangkan Wakil Rektor 3 UMSU, Dr Rudianto, S.Sos, M.IKom menambahkan kerja sama antara UMSU dan UniMAP sudah ditandatangani pada  November 2019.

Program kegiatan antara FIKTI dan Fakultas Komputer dan Komunikasi UniMAP merupakan tindak lanjut dari kesepakatan antaruniversitas.

Ia menjelaskan kerja sama dengan UniMAP dan sejumlah universitas lain di Malaysia, di antaranya USM, UUM, UPM, UPSI dan IPGK Ipoh adalah bagian dari program UMSU Global Network.

Melalui kerja sama internasional ini diharapkan akan menjadi pondasi dalam mewujudkan visi UMSU sebagai universitas berkelas internasional.

"Rektor UMSU, Dr Agussani telah menerapkan visi UMSU 2033 sebagai universitas berkelas internasional. Maka untuk mewujudkan itu perlu dilakukan uapaya kerjasama yang akan menjadi sarana bagi pencapaian visi dan misi yang ditetapkan," katanya.

Penandatangananan naskah kerja sama dilanjutkan dengan kunjungan ke fasilitas laboratorium komputer dan teknologi informasi UniMAP.

Delegasi UMSU juga meninjau fasilitas perpustakaan universitas yang merupakan salah satu terbaik dan terlengkap di Malaysia.

Baca juga: UMSU - UPSI Malaysia gelar kolokium pendidikan internasional

Baca juga: UMSU sosialisasi pertukaran dan magang mahasiswa ASEAN

Baca juga: Belasan dosen UMSU pembicara seminar antarabangsa di UPSI Malaysia

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020