Taruna Akmil gelar Sosiodrama Bung Karno di tengah guyuran hujan

Taruna Akmil gelar Sosiodrama Bung Karno di tengah guyuran hujan

Para taruna dan taruni Akademi Militer (Akmil) menggelar sosiodrama tentang peran Bung Karno dalam pembentukan Akmil dan perjuangan Bung Karno dalam melawan Belanda, di Lapangan Pancasila, Akmil Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2/2020). (Antara Foto/Syaiful Hakim)

Magelang (ANTARA) - Taruna dan Taruni Akademi Militer (Akmil) Magelang menggelar Sosiodrama mengenai peran Bung Karno dalam sejarah perjuangan kemerdekaan serta pembentukan Akademi Militer (Akmil) Magelang di tengah guyuran hujan.

Sosiodrama yang berlangsung di Lapangan Pancasila Kompleks Akmil Magelang, Jumat, itu merupakan rangkaian upacara peresmian patung Bung Karno.

Baca juga: Presiden: Kejayaan di depan mata tapi perlu perjuangan meraihnya

Baca juga: Marching Band Akpol dan Akmil iringi ribuan peserta jalan sehat

Baca juga: Lemhannas minta TNI-AD seleksi ketat taruna Akmil


Soekarno adalah Proklamator RI serta presiden pertama yang membentuk dan meresmikan Akmil yang dahulu bernama Akademi Militer Nasional.

Di acara peresmian, Presiden RI kelima sekaligus putri tertua Bung Karno, Megawati Soekarnoputri turut hadir. Termasuk bersama cucu perempuan sang proklamator, Puan Maharani yang juga sebagai Ketua DPR RI.

Tampak hadir Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, KSAD Jenderal (TNI) Andika Prakasa, Kepala BIN Budi Gunawan dalam acara itu.

Di sisi lain, jajaran DPP PDI Perjuangan seperti Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto, Wasekjen Utut Adianto, dan Ketua DPP Bambang Wuryanto juga hadir, termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Semuanya tampak asyik mengikuti pertunjukan kolosal yang dilaksanakan di tengah hujan yang mengguyur kota Magelang.

"Merdeka... merdeka," begitu teriakan rakyat dan tentara Indonesia kala Bung Karno membacakan keputusan untuk mengaktifkan Akmil Magelang itu.

Megawati dan para tamu bertepuk tangan ketika para taruna menyelesaikan sosiodrama itu. Acara kemudian dilanjutkan dengan peresmian patung Bung Karno.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ramai-ramai ormas di Malang bersatu lawan corona

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar