Jakarta (ANTARA) - Sebagian orang cenderung merasa mengantuk setelah makan siang, tetapi tidak bisa benar-benar tertidur, terutama jika harus meneruskan pekerjaan di kantor.

Ternyata, tidur sebentar setelah makan siang bukanlah hal yang buruk, menurut ahli gizi asal India Rujuta Diwekar.

"Orang-orang secara keliru mengaitkan tidur siang setelah makan siang dengan waktu terkelesuan, obesitas, dan takut ini bisa membuat mereka tidak bisa tidur di malam hari", kata Diwekar seperti dilansir Indian Express.

Menurut dia, tidur siang meningkatkan kesehatan jantung dan dikenal baik bagi mereka yang menderita hipertensi.

Perilaku itu meningkatkan keseimbangan hormon, membantu dalam mengelola diabetes dan tiroid, menyembuhkan insomnia, meningkatkan pemulihan dari latihan.

Baca juga: Ingin lebih bahagia? Biasakan tidur siang

Baca juga: Jangan kelamaan tidur siang kalau tak mau risiko diabetes naik


Kapan waktu terbaiknya?

Diwekar menyarankan tepat setelah makan siang sekitar pukul 13.00 hingga 15.00. Anda bisa berbaring seperti posisi janin dengan durasi 10-30 menit.

Jika tak memungkinkan, Anda bisa meletakkan kepala di atas meja dan beristirahat sebentar.

"Atau, Anda dapat tertidur di kursi malas dan jika Anda juga tidak dapat melakukannya, cukup pergi ke jendela dan melihat jauh, menatap ke angkasa dan biarkan pikiran Anda rileks," tulis Diwekar.

Sebaiknya Anda menghindari tidur siang antara pukul 16.00-19.00, minum teh, kopi, merokok, atau cokelat setelah makan siang, tidur lebih dari 30 menit dan tidur dengan televisi menyala.

Baca juga: Suka mengantuk di siang hari bisa jadi Alzheimer

Baca juga: Tidur siang sebentar bisa buat Anda lebih bahagia

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020