Menag sebut mulai tahun ini Kalbar miliki embarkasi haji

Menag sebut mulai tahun ini Kalbar miliki embarkasi haji

Menteri Agama RI, Fachrul Razi membuka kegiatan pembinaan pegawai dan rapat kerja Kanwil Kemenag Kalbar. (ANTARA/ Andi)

Pontianak (ANTARA) - Menteri Agama RI Fachrul Razi pada kunjungan kerjanya dalam rangka kegiatan pembinaan pegawai dan rapat kerja Kanwil Kemenag Kalbar menyampaikan bahwa mulai tahun ini Kalbar memiliki embarkasi haji.

“Sejumlah kemajuan pelaksanaan haji di Indonesia termasuk di Kalbar yakni mulai tahun ini sudah memiliki embarkasi haji,” ujarnya di Pontianak, Jumat.

Ia juga menambahkan sejumlah kemajuan lainnya di antaranya ada penambahan maskapai penerbangan yang semula hanya dua dan kini ditambah dua lagi, sehingga menjadi empat maskapai penerbangan.

Baca juga: Menag: Empat maskapai layani jamaah haji 2020

“Dulu hanya ada Garuda Indonesia dan Saudi Airlans. Namun sekarang ditambah dua yakni Citilink dan Skynas. Soal makan jamaah haji Indonesia pun akan ada perbaikan yang semula hanya 40 kali sekarang sudah menjadi 50 kali makan di Mekkah," sebut dia.

Pada kesempatan itu ia meminta pentingya semua pihak menjaga kerukunan antara umat beragama dan menjadikan perbedaan sebagai kekayaan. Ia menyampaikan bahwa bangsa dan negara telah membentuk sesuai kesepakatan bersama berdasarkan filosofi Pancasila dan landasan konstitusi UUD 1945. Namun keduanya tidak lepas dari spirit nilai-nilai agama yang telah lama di yakini dan d praktekkan ke masyarakat Indonesia yang terkenal religius.

"Dalam kontek inilah keberadaan Kementerian Agama diberi tugas dan kewenangan agar mendukung universal agama di mana pun dan kapan pun agar tetap menjadi ruh," sebutnya.

Fachrul mengatakan dalam setiap program strategis Kementerian Agama didorong setiap individu memiliki kesalehan personal dan kemanfaatan sosial bagi lingkungannya dengan penuh kasih sayang dan toleransi serta penghormatan terhadap hak sesama persaudaraan dan lain-lain.

Baca juga: Menag temui Presiden bahas tambahan jamaah haji

"Setiap agama sudah dipastikan memiliki panduan penentuan prinsip yang mengajarkan tentang bagaimana setiap kita bisa hidup berdampingan dengan rukun dan damai. Meskipun kenyataannya ada perbedaan-perbedaan baik keyakinan tingkat sosial ekonomi termasuk pilihan-pilihan politik. Kembali, sangat tidak sewajarnya jika perbedaan agama justru menjadi pemicu bagi perpecahan," sebut dia.

Ia menambahkan juga dalam ajaran Islam telah mengajarkan tentang penciptaan manusia yang berbeda-beda dengan tujuan untuk saling mengenal.

"Jadikanlah pelajaran dari kondisi negara yang muncul akibat pertentangan - pertentangan terhadap hal-hal yang tidak perlu dipermasalahkan. Perbedaan seharusnya menjadikan kekuatan yang bisa mempererat kebersamaan dan persaudaraan. Sudah menjadi program dunia kita harus toleransi dan menghormati," pungkasnya.

Menteri Agama RI Fachrul Razi usai kegiatan pembinaan pegawai dan rapat kerja Kanwil Kemenag Kalbar kemudian bertolak menuju Kota Singkawang. Menteri Agama akan menghadiri perayaan puncak Cap Go Meh di Kota Singkawang pada 8 Februari 2020.

Baca juga: Menag: Pemerintah masih kaji pemulangan mantan ISIS
Baca juga: Menag: Tugas moderasi beragama temui rintangan berat
Baca juga: Wapres: Sertifikasi halal gratis segera direalisasikan

Pewarta: Dedi/Andi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menag: Kalau sayang saudara di kampung, jangan mudik!

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar