RS Lavalette Malang lengkapi fasilitas untuk pasien virus corona

RS Lavalette Malang lengkapi fasilitas untuk pasien virus corona

KSP nyatakan belum ada kasus positif corona di Tanah Air (Ant)

Surabaya (ANTARA) - Rumah Sakit Lavalette Malang, Jatim yang dikelola PT Nusantara Sebelas Medika dan merupakan anak perusahaan BUMN PTPN XI di bidang jasa kesehatan, melengkapi fasilitasnya untuk penanganan pasien yang terdeteksi virus corona.

Direktur Utama PT Nusantara Sebelas Medika, Flora Pudji Lestari di Surabaya, Jumat mengatakan, fasilitas yang disiapkan untuk pasien positif virus corona adalah keberadaan ruang isolasi IGD bertekanan negatif, yang merupakan syarat untuk ruang isolasi air borne infection.

"Kami juga melengkapi petugas kesehatan dengan pelindung diri, seperti baju pelindung, kacamata Google, sarung tangan, sepatu booth, hingga masker N95," kata Flora dalam keterangan persnya.

Baca juga: Kepala LKBN ANTARA Biro Beijing jalani swakarantina di Tulungagung
Baca juga: Wabah virus Corona berakibat pembangunan PLTA Sungai Kayan terhambat

Flora mengatakan, upaya melengkapi fasilitas ini sebagai upaya kesiapsiagaan menghadapi infeksi Novel Corona Virus / 2019-nCoV yang pertama kali ditemukan di Kota Wuhan China dan menular dengan cepat serta menyebar ke sejumlah wilayah lain.

"Meski belum ditemukan indikasi menyebarnya virus corona (Novel Corona Virus/2019-nCoV) di wilayah Indonesia, kami tetap siaga, dengan kerja sama Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Timur," katanya.

Sebelumnya, upaya melengkapi fasilitas di setiap RS di Jatim dilakukan melalui surat nomor 443.32/445/102.3/2020 tanggal 30 Januari 2020, dan RS Lavalette ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan di Kota Malang oleh Dinkes Provinsi Jawa Timur dengan rujukan utama ke RS Syaiful Anwar.

Baca juga: Cek fakta: Benarkah WHO serukan isolasi China terkiat virus corona baru?
Baca juga: Arsitek RS khusus corona di Tiongkok alumnus Chung Hua School Jember


"Kami juga dapat melakukan screening, penatalaksanaan awal serta melakukan general precaution yang tepat apabila ditemukan pasien dengan kecurigaan yang terinfeksi virus tersebut," katanya.

Plt Kepala Rumah Sakit RS Lavalette Malang, Titin Amrih Wilujeng mengatakan selain fasilitas, tenaga medis dan perawat juga sudah siap dilibatkan dari berbagai disiplin ilmu.

"Untuk penanganan pasien corona, kami punya tim yang terdiri dari 15 dokter dan 4 perawat, dan mereka telah mendapat pelatihan khusus untuk penanganan pasien terinfeksi virus Corona," katanya.

Ia mengatakan, selain RS Lavalette Malang juga disiapkan tiga rumah sakit lainnya, yakni RS Djatiroto Lumajang, RS Wonolangan Probolinggo dan RS Elizabeth Situbondo.

Baca juga: Kondisi WNI positif corona di Singapura stabil
Baca juga: Ilmuwan China identifikasi trenggiling kemungkinan inang virus corona
Baca juga: Kondisi WNI terinfeksi virus corona di Singapura stabil


Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemerintah terus sisir anggaran untuk salurkan bansos

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar