Banjarmasin (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainuddin Amali menyatakan Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) berjasa bagi kemajuan perkembangan olahraga nasional.

"Perkembangan olahraga nasional tidak bisa dilepaskan dari peran aktif SIWO PWI, ini saya sampaikan dengan jujur sebagai Menpora mewakili negara," ujar Zainuddin Amali saat membuka Rakernas SIWO se-Indonesia dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di hotel Area Barito Banjarmasin, Kalsel, Jumat.

Baca juga: Rakernas SIWO di Kalsel tentukan perhelatan Porwanas

Menurut dia, kemajuan dan perkembangan olahraga di pelosok negeri ini kalau tidak diinformasikan atau diberitakan para wartawan olahraga tidak diketahui secara luas oleh masyarakat.

"Karenanya kami berharap SIWO PWI terus mendukung kegiatan olahraga nasional dengan menyebarluaskan informasinya ke masyarakat," ujarnya.

Menpora mengatakan pihaknya juga menerima kritikan terkait pembinaan olahraga saat ini, karena akan menjadi bahan pertimbangan membuat kebijakan untuk kemajuan olahraga Tanah Air.

Baca juga: SIWO PWI kecam intimidasi terhadap wartawan

"Karena tanpa SIWO, pemerintah tidak bisa apa-apa dengan penyelenggaraan kegiatan dan pembinaan di Tanah Air," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Menpora menyampaikan beberapa even kompetisi olahraga nasional tahun ini, baik yang akan berlangsung di Indonesia maupun di luar negeri yang diikuti atlet Indonesia. "Ini bisa menjadi pemberitaan hangat di negeri ini," tuturnya.

Sehingga, lanjut Zainuddin Amali, dukungan terhadap prestasi olahraga di negeri ini akan terus mengalir, dimana ini sangat penting untuk mengangkat prestasi olahraga nasional.

Baca juga: Meriahkan HPN 2020, Dinkes Kalsel gelar pengobatan gratis
Baca juga: Kehadiran Presiden Jokowi di HPN 2020 dijadwalkan maju satu hari


Ia mengaku mendukung Rakernas SIWO PWI di HPN 2020, dimana akan dirumuskan berbagai kebijakan yang membantu kemajuan olahraga secara nasional.

Menpora juga menyatakan dukungannya atas diselenggarakannya Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Malang, Jawa Timur pada tahun ini.

"Pasti kita bantu, dengan jajaran SIWO, kapan saja bisa kita bicarakan nanti," ujarnya.

 

Pewarta: Sukarli
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020