Pelindo II akan tata tiga pelabuhan di Sumbar

Pelindo II akan tata tiga pelabuhan di Sumbar

Pelabuhan Teluk Bayur (Istimewa)

ini dilakukan untuk mempermudah arus barang dan penumpang yang menggunakan jasa pelabuhan
Padang (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II  akan menata tiga pelabuhan yang dikelola perusahaan tersebut di Sumatera Barat yakni Pelabuhan Teluk Bayur, Pelabuhan Muaro Padang dan Pelabuhan Air Bangis untuk mengoptimalkan fungsi pelabuhan serta meningkatkan pelayanan masyarakat.

Kepala Humas Pelindo II Teluk Bayur Kiagus Muhammad Budi dalam siaran persnya di Padang, Sabtu, mengatakan, pihaknya berupaya menjadikan pelabuhan lebih baik dan modern sehingga arus barang dan penumpang dari Padang maupun sebaliknya berjalan lancar dan nyaman.

Baca juga: Pelindo II tunggu kajian pembatasan operasional truk kontainer
 

Ia mengatakan untuk Pelabuhan Teluk Bayur penataan terus dilakukan mulai dari penataan secara fisik maupun pengembangan sistem informasi teknologi dalam bentuk pelayanan berbasis digital.

“Hal ini dilakukan untuk mempermudah arus barang dan penumpang yang menggunakan jasa pelabuhan,” kata dia

Sementara itu untuk Pelabuhan Muaro Padang juga akan dilakukan penataan dengan cara membuat Maritime Centre yang berfungsi sebagai sarana edukasi pelabuhan-pelabuhan yang ada di Indonesia kepada masyarakat.

Setelah itu di Maritime Center Pelabuhan Muaro juga disediakan lokasi khusus untuk pengusaha UMKM di Sumatera Barat. Maritim Center ini akan terhubung dengan terminal penumpang yang melayani kapal cepat menuju Kabupaten Kepualauan Mentawai. 

Baca juga: Pelindo II dukung pembentukan inspektorat jenderal Kementerian BUMN
 

“Kita mendukung langkah Pemprov Sumbar dan Pemkot Padang menjadikan kawasan Muaro ini sebagai Marina Bay yang menjadi tujuan wisata,” kata dia.

Kemudian Pelabuhan Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat akan dikelola walaupun ada keterbatasan dalam pengembangan pelabuhan, sebagai pemegang amanat dari pemerintah pihaknya terus berupaya memberikan yang terbaik

“Alhamdullilah pemerintah telah melakukan pembangunan pelabuhan baru di Teluk Tapang Pasaman Barat, Pelindo II menyambut baik dan mendukung pembangunan pelabuhan baru tersebut,” kata dia.

Baca juga: Pelindo II akan alokasikan capex tahun 2020 senilai Rp7,6 triliun

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pelindo II optimistis jadi induk holding BUMN Pelabuhan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar