Pembukaan rute baru ini kita harapkan mampu menarik lebih banyak lagi turis Malaysia untuk berkunjung ke Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Maskapai penerbangan Citilink Indonesia kembali membuka jalur penerbangan internasional dari Bandung yakni Bandung-Kuala Lumpur pp, mulai 8 Februari 2020 sebagai upaya mendukung percepatan sektor pariwisata dan ekonomi daerah.

Direktur Utama Citilink Juliandra di Jakarta, Sabtu, mengatakan Bandung telah menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan Malaysia ketika berkunjung ke Indonesia.

Baca juga: Citilink buka rute Denpasar-Timika mulai Jumat


"Pembukaan rute baru ini kita harapkan mampu menarik lebih banyak lagi turis Malaysia untuk berkunjung ke Indonesia sehingga pada akhirnya diharapkan dapat membantu memutar roda perekonomian dan pariwisata daerah," katanya melalui keterangan resminya.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa wisatawan mancanegara asal Malaysia menjadi wisatawan mancanegara dengan jumlah kunjungan terbesar pertama ke Indonesia pada 2019 dengan jumlah 2,98 juta kunjungan atau meningkat 18,51 persen dibandingkan 2018.

Rute Bandung-Kuala Lumpur merupakan rute internasional yang ke-10 dan rute keempat Citilink Indonesia menuju ke Kuala Lumpur.

Baca juga: Penerbangan perdana Denpasar-Melbourne, Citilink terisi 95 persen


Sebelumnya Citilink Indonesia telah membuka rute internasional ke Kuala Lumpur dari berbagai destinasi yaitu Jakarta, Surabaya dan Denpasar.

“Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh penumpang, Citilink Indonesia beroperasi di KLIA 1 yang merupakan pusat penerbangan internasional dari berbagai negara," katanya.

Selain itu, lanjutnya, dalam penerbangan perusahaan memberikan hot meals dan bagasi gratis sebanyak 10 kilogram, sehingga penumpang akan mendapatkan pengalaman yang baik ketika terbang bersama Citilink Indonesia.

Baca juga: Citilink buka rute Surabaya-Jeddah dengan Airbus A330-900 Neo


Penerbangan rute Bandung-Kuala Lumpur pp beroperasi setiap hari dengan menggunakan pesawat Airbus A320 dengan nomor penerbangan QG 538 dijadwalkan berangkat dari Bandara Husein Sastranegara pada pukul 17.50 WIB dan tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA 1) pada pukul 21.15 waktu setempat.

Sedangkan penerbangan Kuala Lumpur-Bandung dengan nomor penerbangan QG 539 dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA 1) pada pukul 15.20 waktu setempat dan tiba di Bandara Husein Sastranegara pada pukul 16.45 WIB.

Baca juga: Citilink buka penerbangan perdana umroh dari Bandara Kertajati
 

Pewarta: Subagyo
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020