Nurdin Abdullah terpilih memimpin Persada Sulsel Diperiode Keempat

Nurdin Abdullah terpilih memimpin Persada Sulsel Diperiode Keempat

Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah memberikan sambutan pada Musyawarah Daerah dan Raker, di Baruga Pattingalloang Rujab Gubernur, Makassar Sabtu,(8/2).ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel

Banyak alumni Jepang di Sulawesi Selatan diharapkan dapat berkontribusi membangun daerah
Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM Nurdin Abdullah kembali terpilih sebagai Ketua Umum Perhimpunan Alumni dari Jepang (Persada) Sulawesi Selatan untuk periode 2020-2024.

Ia terpilih untuk periode keempat secara aklamasi di Musyawarah Daerah dan Raker, di Baruga Pattingalloang Rujab Gubernur, Makassar Sabtu.

Seluruh peserta yang hadir menyetujui agar Nurdin Abdullah kembali memimpin. Dalam AD/ART Persada sendiri tidak diatur batas jumlah periode.

"Hari ini kita melaksanakan Musda. Saya sebenarnya berharap ada penyegaran, karena kita banyak kaum muda yang baru kembali dari Jepang," kata Nurdin Abdullah.

Alumni S2 dan S3 Kyushu University Jepang ini kembali memimpin 270 anggota. Ia menyampaikan, paling penting baginya bahwa Persada harus punya peran signifikan. Terutama dalam percepatan pembangunan Sulsel. Selama ini, Persada sudah banyak memberikan berkontribusi terhadap Indonesia.

"Kita bisa lihat di Sulsel, peran kedokteran itu banyak alumni Persada. Demikian juga peran penataan kota. Terus lingkungan dan sebagainya. Itu banyak dari alumni Jepang," ujarnya.

Dengan banyaknya alumni dari berbagai disiplin ilmu, Ia berharap peran mereka lebih maksimal, agar pembangunan di Sulsel berjalan signifikan. Prioritas yang diwujudkan juga dapat terukur. Persada lebih fokus pada pengembangan riset dan mendukung program pemerintah.

"Ini tentu tidak dengan otodidak. Tetapi, lewat riset dan saya kira teman-teman punya keilmuan dan disiplin ilmu yang berbeda-beda," ucap Nurdin dalam rilisnya.

Di periode keempat ini, Persada semakin menguatkan tim work pemerintahan. Tidak hanya Persada, tetapi beberapa alumni dari negara lain seperti Jerman, Amerika dan Australia. Terintegrasinya alumni pendidikan luar negeri dalam proses percepatan pembangunan, akan menjadi kekuatan besar di Sulsel.

Adapun yang menjadi Ketua Pelaksana Harian, Rudy Djamaluddin, Sekretaris Sri Rahma Aprilita, Bendahara Cita Marlika Parawansa.

Sedangkan, pada periode ini ditambahkan Bidang Percepatan Pembangunan yang dikoordinatori oleh Hendra Pahri.

"Bidang Percepatan Pembangunan adalah bidang baru di periode 2020-2024. Ini sebagai arahan dan tindaklanjut, dari arahan Pak Ketua agar lebih mempercepat pembangunan di Sulsel. Di ketuai oleh Pak Pahri. Kami sampaikan juga, merupakan koordinator tim infrastruktur pada TGUPP Gubernur," ungkap Kadis PUPR Sulsel ini.

Dalam kesempatan tersebut, Putri Fatimah Nurdin juga dikukuhkan menjadi anggota baru Persada Sulsel. Anak pertama Nurdin ini baru saja menyelesaikan pendidikan magisternya di Kyushu University mengikuti jejak kedua orang tuanya.

Putri sendiri memberikan gagasan agar alumni aktif berbagi informasi kegiatan di platform sosial media. Dari pengalamannya, tentang belajar dan kehidupan sehari-hari respon masyarakat sangat tinggi. Gagasan lainnya, agar Pemprov Sulsel memberikan dukungan beasiswa bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang.

"Kita di Persada dapat membuat seperti pameran pendidikan, di sekolah-sekolah kita kerjasama. Pak Gubernur, mungkin juga ada beasiswa dari Pemerintah Provinsi untuk adik-adik kita yang ingin bersekolah di Jepang," sebutnya.***3***

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sempat terputus, akses jalan Sulteng-Sulsel kembali normal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar