Jakarta (ANTARA) - Nominasi Oscar bisa menjadi pintu yang membuka kesempatan untuk mendapat peran lebih besar dan bayaran lebih mahal.

Tahun ini, "goodie bag" untuk nomine Oscar meliputi tiket pesiar dengan yacht mewah, operasi plastik dan layanan perjodohan dalam tas kado yang nilainya lebih dari 225.000 dolar AS (sekitar Rp3 miliar).

Hadiah, tidak terafiliasi dengan Academy of Motion Picture Arts and Sciences, itu akan dikirim kepada 20 nomine kategori akting dan lima pria yang masuk nominasi sutradara terbaik, kata perusahaan di balik goodie bag, Distinctive Assets, Jumat.

"Kali ini kami mengumpulkan hadiah dengan isi yang paling mahal," kata Lash Fary, pendiri Distinctive Assets, yang telah menangani "goodie bag" Oscar selama 18 tahun.

Hadiah yang bakal diterima meliputi perjalanan 12 hari naik yacht senilai 78.000 dolar AS, perawatan wajah senilai 20.000 dolar AS dan layanan perjodohan senilai 20.000 dolar AS.

Ada hampir 80 barang yang meliputi baju, gawai, dan "vape pen" emas 24 karat yang kata Fary dipilih karena mereka memikirkan Leonardo DiCaprio. Foto DiCaprio sedang memakai rokok elektrik beberapa tahun lalu membantu menciptakan tren vape.

Lebih dari lusinan barang punya elemen filantrofi, seperti buku yang berisi pemberdayaan gadis muda dan pembersih yang mendukung layanan kamar mandi untuk tunawisma.

Kata Fary, hadiah-hadiah itu diberikan bukan berdasarkan kebutuhan, tapi apresiasi.

Mengingat Fary tidak langsung terhubung secara resmi dengan academy, dia bebas untuk memilih apa saja barang yang akan diberikan, dan siapa yang akan mendapatkannya.

"Saya hanya memberi ini pada nomine akting dan sutradara terbaik. Jadi, karena kami hanya memberi 25 orang, saya bisa memilih barang-barang yang sangat mahal," katanya.

Ini juga kesempatan untuk "brand" bisa diasosiasikan dengan selebritas papan atas.

"Ini adalah usaha bisnis. Semuanya tentang promosi. Ini tentang produk yang menghubungkan layanan dan dagangan mereka dengan para pencipta tren terbesar di dunia," ujar Fary.

Tiap tas hadiah akan dikirim langsung kepada nomine pada pekan menjelang Oscar pada Minggu (9/2) waktu setempat.

Baca juga: Seluruh pemain utama "Parasite" akan hadir di Oscar

Baca juga: Isi "goodie bag" nomine Oscar 2020 terungkap

Baca juga: Antonio Banderas ungkap harga tiket menonton Oscar 2020

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020