Pemerintah siapkan pembangunan penunjang Kalsel gerbang IKN

Pemerintah siapkan pembangunan penunjang Kalsel gerbang IKN

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan sambutan pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di halaman kantor Setdaprov Kalsel di Banjarbaru dengan tema Pers Menggelorakan Kalsel Gerbang Ibukota Negara. (Foto : ANTARA/Yose Rizal).

Meski pun ibukota negara ditetapkan di Kaltim, tetapi gerbangnya adalah Kalsel,
Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah akan menyiapkan pembangunan berbagai fasilitas yang menjadi penunjang bagi Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), sebagai gerbang Ibukota Negara (IKN) yang ditetapkan di Provinsi Kalimantan Timur.

"Jika Kalsel ingin menjadi gerbang IKN maka pemerintah pusat menyiapkan segala fasilitas pembangunan yang menunjang sebagai pintu masuk ibukota," ujar Presiden RI Joko Widodo di Banjarbaru, Kalsel, Sabtu.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di halaman kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel di Banjarbaru.

Presiden menyebutkan, pemerintah pusat siap memberikan sarana dan prasarana penunjang IKN seperti jalan tol yang menghubungkan Provinsi Kalsel dengan provinsi tetangga yang ditetapkan sebagai IKN yakni Kaltim.

Baca juga: Kadiv Humas Polri: Pers dan polisi bagai ikan dan air

"Saya baru tahu kalau Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru, Kalsel posisinya mepet dengan Penajam Paser Utara, sebagai IKN di Kaltim sehingga jika dibangun jalan tol bisa 1,5 jam sudah tembus," ungkapnya.

Menurutnya, selain membangun jalan tol penghubung antarprovinsi menuju IKN, pemindahan ibukota juga akan dilakukan pemerintah secara serius dan bukan sekedar memindah kantor maupun orang-orangnya.

"Pemerintah serius memindahkan ibukota ke Kalimantan tetapi bukan hanya memindahkan kantor, lokasi atau orang saja melainkan juga sistem yang lebih baik, pindah pola pikir, pola kerja ke arah lebih baik," jelasnya.

Disebutkannya, kawasan IKN yang baru menerapkan gaya hidup perkotaan abad 21 yang sehat dan smart city serta semua kendaraan pakai listrik, ramah bagi pejalan kaki, bersepeda dan sebagai tempat wisata.

Baca juga: Enam karya jurnalistik terbaik raih Adinegoro di HPN 2020

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengatakan, tidak mengapa Kalsel tidak menjadi ibukota negara tetapi bisa menjadi gerbang bagi ibukota sehingga siapa pun yang ingin datang ke ibukota maka berandanya Kalsel.

"Meski pun ibukota negara ditetapkan di Kaltim, tetapi gerbangnya adalah Kalsel sehingga siapa pun yang ingin ke ibukota harus melewati berandanya dulu. Kami juga menyiapkan lahan 300 ribu hektare untuk itu," terang gubernur.

Dukungan terhadap Kalsel sebagai pintu gerbang IKN juga disampaikan Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh dalam sambutannya dengan menyebut Bumi Lambung Mangkurat layak menjadi gerbang ibukota.

"Jika memang tidak menjadi ibukota negara, Kalsel layak dan dimuliakan menjadi gerbang menuju ibukota," ujar Muhammad Nuh di depan ribuan wartawan se tanah air yang mengikuti peringatan HPN 2020 itu.

Baca juga: Dewan Pers ingatkan pers jangan tergelincir di persaingan ruang siber

Pewarta: Gunawan Wibisono/Yose Rizal
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tabur bunga tandai Hari Pers Nasional di Ternate

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar