Arosuka (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok, Sumatera Barat, mengirimkan bantuan makanan untuk sebanyak 160 jiwa di tiga kelurahan yang terdampak banjir di daerah tersebut.

"Kami baru saja menyalurkan makanan bagi warga terdampak banjir hingga petang tadi," kata Kepala BPBD Kota Solok Ikhlas diwakili Kasi Rehabilitasi Adel Wiratama di Solok, Sabtu.

Baca juga: 87 rumah terendam banjir di Solok Selatan

Ia menyebutkan ada tiga kelurahan yang terdampak banjir yaitu Kelurahan Koto Panjang, Simpang Rumbio, dan Nan Balimo. Ketinggian air mencapai 30 cm hingga 50 cm.

Di Kelurahan Simpang Rumbio, air mulai naik sekitar pukul 13.30 WIB di Jalan Telaga Biruhun dan merendam 20 rumah warga.

Baca juga: 3 nagari terkena banjir di Kabupaten Solok

Untuk menyalurkan makanan ke lokasi, petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dibantu Tagana, Dinas Kesehatan, Danramil, Babinsa, PMI, dan Dinas Sosial setempat.

Menurut dia, banjir yang terjadi karena hujan deras dan luapan banjir kiriman dari hulu Sungai Batang Lembang.

Baca juga: BPBD Solok kirimkan bantuan makanan untuk 75 KK terisolir

Pihaknya juga sempat mengevakuasi warga yang terdampak dan mengingatkan untuk waspada jika air bertambah tinggi.

"Alhamdulillah, sebagian daerah sudah surut seperti Koto Panjang, dan di Jalan Telaga Biruhun, Simpang Rumbio sudah surut pada sore hari namun masih menggenangi jalan dan halaman rumah warga," ujarnya.

Menurut dia, makanan yang diberikan berupa nasi bungkus yang bisa langsung dimakan.

Pihaknya berharap warga lebih tanggap bencana, sehingga jika terjadi banjir kembali dapat melakukan tindakan-tindakan penyelamatan diri dan keluarga mereka.

"Apalagi, sekarang memasuki musim hujan, jadi harus antisipasi segala kemungkinan," ujarnya.

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020