Liga Jerman

Leverkusen menangi drama tujuh gol melawan Dortmund

Leverkusen menangi drama tujuh gol melawan Dortmund

Gelandang tengah Dortmund Emre Can dan pemain belakang Leverkusen Sven Bender (kanan) berebut bola dalam laga Bundesliga di Stadion BayArena, Jerman (8/2/2020). ANTARA/AFP/Ina Fassbender/aa.

Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund harus mengakui keunggulan tuan rumah Bayer Leverkusen dalam drama tujuh gol pada laga pekan ke-21 Liga Jerman yang dihelat di BayArena, Sabtu waktu setempat (Minggu dini hari WIB).

Dalam pertandingan yang berkesudahan 4-3 untuk kemenangan Leverkusen, sempat terjadi silih berbalas gol. Penyerang Leverkusen, Kevin Volland, membuka skor untuk kemudian dibalas sepasang gol dari Mats Hummels dan Emre Can.

Jelang babak pertama usai, Volland mencetak gol keduanya untuk membuat skor kembali imbang 2-2. Pada babak kedua Dortmund sempat kembali merestorasi keunggulan lewat aksi Raphael Guerreiro, namun Leon Bailey dan Lars Benders bangkit untuk membuat kedudukan berakhir 4-3.

Raihan tiga angka ini membuat Leverkusen merangkak satu strip ke posisi lima dengan 37 poin, sementara bagi Dortmund (39 poin) membuat mereka gagal merebut posisi kedua dari RB Leipzig (41 poin), demikian catatan Liga Jerman.

Meski bertindak sebagai tim tamu, Dortmund mendominasi di awal-awal babak pertama. Sepakan Erling Haaland hampir menjebol gawang Leverkusen namun bola masih bisa ditepis kiper Lukáš Hrádecký.

Dua menit berselang, Die Borussen malah kebobolan lewat sepakan kaki kiri penyerang Leverkusen Vollan menerima umpan Nadiem Amiri.

Akan tetapi keunggulan Leverkusen tak bertahan lama. Dortmund berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi Mats Hummels setelah meneruskan tendangan sudut Jadon Sancho.

Emre Can yang mengawali debutnya bersama Dormund mampu mengubah kedudukan menjadi 2-1. Sepakan melengkung dari jarak jauhnya tak mampu ditepis kiper Leverkusen.

Drama terus tercipta, tiga menit jelang babak pertama usai Vollan mencetak gol keduanya untuk mengubah papan skor kembali imbang 2-2.

Baca juga: Cedera saat latihan, Ivan Perisic terancam absen beberapa pekan

Tempo dan intensitas serangan pada babak pertama terus belanjut di paruh kedua. Kedua tim silih berganti menciptakan peluang. Jadon Sancho sempat membuat tim tamu bergemuruh namun dalam tinjauan VAR, gol tersebut dianulir karena ada pemain yang dianggap melanggar.

Raphael Guerreiro sempat merestorasi keunggulan Dortmund pada menit ke-65 setelah menerima umpan satu dua Achraf Hakimi-Jadon Sancho, skor 3-2 untuk keunggulan Dortmund.

Namun Leon Bailey dan Lars Benders menghukum kelengahan Dortmund dalam rentang waktu dua menit yakni pada 81' dan 82' untuk mengakhiri laga 4-3 bagi kemenangan Leverkusen.

Berikut susunan pemain:
Leverkusen (3-4-2-1): Hradecky; Tah, S. Bender, Tapsoba; Bellarabi, Amiri, L. Bender, Sinkgraven; Kai Havertz, M. Diaby; Volland.
Pelatih: Peter Bosz

Dortmund (4-2-3-1): Roman Burki; Dan-Axel Zagadou, Manuel Akanji, Raphael Guerreiro, Mats Hummels; Emre Can, Axel Witsel; Jadon Sancho, Julian Brandt, Achraf Hakimi; Erling Haaland.
Pelatih: Lucien Favre

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar